Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Kepala Polres Singkawang, Kompol Abdul Rosid mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan anggaran pilkada yang ada dengan melakukan pengamanan sebaik-baiknya demi mensukseskan Pilwako 2017.

"Saat inipun situasi masih tetap terjaga dan kondusif," kata Abdul Rosid, di Singkawang, Minggu.

Pihaknya juga sudah menurunkan anggota, untuk memonitor di wilayah-wilayah tertentu (daerah rawan) untuk dilaporkan setiap menit dan setiap jam.

"Alhamdulillah, tidak ada gesekan-gesekan yang berarti, meskipun sudah dibukanya penjaringan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang oleh partai politik," ujarnya.

Mengenai dengan anggaran pengamanan, kata Rosid, berdasarkan rapat terbatas bersama Pemkot dan KPU Singkawang, bahwa angka yang disetujui adalah Rp1,5 miliar.

"Dari Rp3 miliar yang kita usulkan, namun yang disetujui itu setengahnya yakni Rp1,5 miliar," katanya.

Pihaknya akan memanfaatkan anggaran pengamanan itu dengan sebaik-baiknya. "Kita sama-sama untuk berhemat dalam rangka memaksimalkan anggaran. Karena ini juga merupakan agenda Nasional yang harus kita amankan," ungkapnya.

Pemerintah Kota Singkawang telah menganggarkan dana untuk pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 kepada pihak kepolisian Polres Singkawang sebesar Rp1,5 miliar.

Di tempat terpisah, Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Syech Bandar yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) berharap, besaran anggaran yang dianggarkan di dua tahun anggaran yakni 2016 dan 2017 itu, bisa mencukupi kebutuhan yang diperlukan Polres Singkawang.

"Kita sudah melakukan komunikasi dengan Kapolres Singkawang dan mereka menyadari keterbatasan anggaran kita. Yang penting itu bisa mereka efisienkan," tuturnya.

Dirinya memberikan apresiasi kepada Kapolres Singkawang, karena dapat menerima situasi dan kondisi anggaran yang dimiliki Pemkot Singkawang.

Bandar berharap, dengan keterbatasan anggaran itu juga, tidak mengurangi kinerja Polres Singkawang agar penyelenggaraan Pilkada kelak dapat berjalan dengan aman dan kondusif.***2***

(KR-RDO)



Nurul H

(U.KR-RDO/B/N005/N005) 15-05-2016 19:14:16

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016