Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 36 prajurit Kompi B Yonif 643/Wanara Sakti melakukan Renang militer dengan menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Helm dan Senjata dengan jarak 50 meter.

"Tujuan kegiatan Renmil untuk melihat secara langsung sejauh mana pembinaan Prajurit Kodam XII/Tpr khususnya ketangkasan Renmil anggota Kompi Senapan B Yonif 643/Wns, dengan waktu tercepat Pratu Heri dengan catatan waktu selama 51 detik," kata Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Ahmad Supriyadi di Sungai Raya, Rabu.

Dia yang didampingi Danpomdam XII/Tpr Kolonel Cpm Agus Wijanarko, Kakesdam XII/Tpr Kolonel Ckm I Made Wirayasa, Waasops Kasdam XII/Tpr Letkol Inf Denny Fardany dan Komandan Latihan Pembinaan Tradisi (Danlat Bintra) Letkol Inf Dody Darmawan, menyaksikan secara langsung Prajurit Kompi Senapan B Yonif 643/Wns dan Bintara Kodam XII/Tpr melaksanakan Renang Militer bertempat di Kolam Renang Tirta Yudha Kodam XII/Tpr.

Saat melakukan pengecekan terhadap prajurit yang akan melaksanakan Renmil Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi mengungkapkan bahwa renang militer merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit baik tingkat dasar sampai tingkat lanjutan.

"Latihan ini merupakan tuntutan dan salah satu program kebijakan TNI AD dalam membentuk postur tubuh prajurit," katanya.

Dia mengaku sengaja melihat Renmil tersebut, untuk memastikan seluruh prajurit telah menjaga ketangkasan mereka.

"Harapan kita, saat dibutuhkan, satuan ini selalu siap untuk bertugas. Selain itu, renang militer ini juga dilakukan untuk tes kenaikan pangkat, " kata Ahmad Supriyadi.


(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016