Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Kubu Raya, Chairil Rahmi mengatakan pada tahun 2016 akan memaksimalkan pembangunan jalan poros pada sejumlah kecamatan yang menjadi prioritas.

"Tahun 2015 lalu kita sudah melakukan pembangunan jalan poros sebanyak 37 persen dari total 529 kilometer jala poros yang ada. Tahun ini pengerjaannya dilanjutkan kembali, dimana kita targetkan kita bisa mencapai 70 persen dari jalan poros yang ada," kata Chairil Rahmi di Sungai Raya, Selasa.

Chairil menjelaskan, sisanya memang masih butuh perhatian serius untuk dilakukan peningkatan kualitas. Untuk itu, sejak beberapa waktu lalu pihaknya mulai berbenah untuk segera meningkatkan kualitas jalan poros di setiap kecamatan di Kubu Raya.

"Sampai saat ini kita masih akan memprioritaskan pada kecamatan Sungai Raya dan kecamatan sekitarnya," tuturnya.

Dia mengatakan, untuk pembangunan jalan poros yang dilaksanakan Pemkab melalui Dinas Bina Marga Kubu Raya, hingga saat ini sudah mulai dilaksanakan.

Chairil menjelaskan, pembangunan jalan poros di Kubu Raya sebenarnya sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun sebelumnya, hanya saja saat itu tidak signifikan seperti saat sekarang ini.

"Tapi kita upayakan semua pembangunan jalan poros yang ada disetiap kecamatan bisa berjalan maksimal," katanya.

Adapun daerah yang menjadi target atau prioritas utama pembangunan jalan poros mulai dari tahun 2016 ini selain kecamatan Sungai Raya, juga kecamatan Sungai Kakap, Sungai Ambawang, dan Rasau Jaya.

"Sementara, untuk daerah lain yang letaknya cukup jauh dari ibu kota kabupaten seperti Batu Ampar, Terentang, dan sejumlah kawasan pesisir lainnya tetap kita usahakan untuk segera ditingkatkan pembangunan jalan porosnya. Namun karena pembangunannya dilakukan secara bertahap sejumlah daerah tersebut kita anggap menjadi prioritas kedua," katanya.

(KR-RDO/R017)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016