Pontianak (Antara Pontianak) - Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, dengan melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, akan mendidik umat Muslim meningkatkan kembali keimanan dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT.

"Untuk itu, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan serta kesabaran dalam menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan ini, sehingga bisa melaksanakan ibadah yang terbaik di tahun ini," kata Edi Rusdi Kamtono di hadapan jemaah Shalat Tarawih di Masjid Ash-Shirath Jalan Suwignyo dalam kegiatan Safari Ramadhan, Kamis malam.

Ia menjelaskan, salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah mendidik umat Islam untuk mencapai ketakwaan dengan menjalankan kewajiban yakni berpuasa.

"Bulan Ramadhan adalah bulan yang pernuh berkah. Kesempatan pada bulan yang penuh rahmat ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk beribadah," ungkapnya.

Karena dengan berpuasa akan mendidik umat Muslim dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaannya, katanya.

Ia menambahkan, setiap bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kota Pontianak menggelar Safari Ramadhan. Kegiatan tersebut dalam rangka menjalin dan mempererat tali silaturrahim dengan para jemaah Masjid sekaligus menyampaikan program-program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan Pemkot Pontianak.

Edi menambahkan, sudah sekitar 2,5 tahun dirinya menjabat sebagai wakil wali Kota Pontianak mendampingi Wali Kota Pontianak, Sutarmidji. Seiring itu pula, pembangunan infrastruktur sudah hampir merata di seluruh Pontianak.

"Sebagaimana yang masyarakat rasakan kondisi Kota Pontianak pada saat ini dibandingkan sebelumnya sudah jauh meningkat di berbagai pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan dan peningkatan Jalan Suwignyo, dari sebelumnya dengan kondisinya rusak parah, sekarang kondisinya sudah baik, dan jalan-jalan lainnya," ujarnya.

Selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak, Edi juga mengimbau kepada para jemaah agar memanfaatkan fungsi Masjid semaksimal mungkin.

"Tidak hanya sebagai sarana beribadah, tetapi juga dapat difungsikan lainnya, seperti sarana pendidikan agama Islam maupun kegiatan sosial lainnya. Saat ini, jumlah Masjid se-Kota Pontianak sudah mencapai 315 Masjid," katanya.

Ia berharap para jemaah agar senantiasa memakmurkan Masjid supaya Kota Pontianak selalu mendapat rahmat dan berkah dari Allah SWT.

"Kalau setiap Masjid jemaahnya penuh seperti malam-malam puasa, maka ke depannya, Masjid-majid di Pontianak akan semakin makmur," kata Wakil Wali Kota Pontianak tersebut.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016