Sukadana (Antara Kalbar) - Bupati Kayong Utara Hildi Hamid ingatkan warganya akan pentingnya pendidikan dalam pembangunan daerah. Hal itu ia sampaikan dalam rangkaian Safari Ramadhan yang tahun ini digelar di Desa Mata-mata dihadiri oleh Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus.
   
Safari Ramadan pertama ini diisi tausiah oleh ustadz Efendi Ahmad, yang juga anggota DPRD Kayong Utara dilaksanakan di Mesjid Almuhajirin. Safari Ramadan berikutnya di Kecamatan Seponti.
   
Kalau Kayong Utara, dapat dilihat dari keseriusan pemerintah dalam memprogramkan pendidikan gratis dan 10 sarjana per-Desa. "Pendidikan itu sangat penting demi terwujudnya pembangunan daerah ini, (Kayong Utara)," terang Hildi Hamid.
   
Begitu juga ketika menggelar safari Ramadan di Kecamatan Kepuluan Karimata tepatnya Desa Betok Jaya. Hildi mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan Sail Selat Karimata 2016.
   
"Konsep Sail Karimata itu merupakan bentuk intervensi dari pemerintah pusat untuk mendongkrak daerah tertinggal. Selain meningkatkan destinasi wisata, juga menggali potensi yang ada di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Selat Karimata," kata Bupati Kayong Utara Hildi Hamid.
   
Untuk mensukseskan kegiatan ini, peran serta dari masyarakat sangat diharapkan. Hildi mengajak lapisan masyarakat yang ada di Kayong Utara, untuk bersama-sama mendukungnya dengan berpatisipasi melalui penciptaan lingkungan yang bersih dan nyaman. "Tamu akan betah berada di Kayong Utara, jika suasana daerah kita nyaman. Minimal jangan buang sampah sembarangan," ajak Bupati.

Adapun 20 agenda yang telah disiapkan untuk Sail Selat Karimata 2016,  menurut Bupati yakni:
1. Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di Pulau Terluar
2. Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan : Operasi bhakti Surya Baskara Jaya, Operasi Bhakti Kartika Jaya dan Operasi Bhakti Pelangi Nusantara, demonstrasi Sailing Pass
3. Pelayaran Lingkar Nusantara VI
4. Percepatan Pembangunan Sarana dan Prasarana
5. Gerakan Pantai Bersih dan Senyum
6. Ekspedisi Nusantara Jaya
7. BUMN Bina Lingkungan/CSR Selat Karimata
8. Gerakan Pembangunan Desa Semesta
9. Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Maritim/ Kapal Pemuda Nusantara.
10. Ekspedisi Riset Kelautan
11. Reli Kapal Layar ( Yacht Rally)
12. Seminar Nasional dan Internasional
13. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
14. Pengembangan Ekonomi Kraetif.
15. Seni dan Budaya
16. Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara
17. Olahraga Bahari
18. Pameran Potensi Daerah
19. Festival Bahari Tanjung Pinang (di Kepri)
20. Upacara Puncak Sail Selat Karimata di Sukadana 


Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016