Pontianak (Antara Kalbar) - Energi listrik sudah menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan. Listrik adalah salah satu kebutuhan paling utama, terutama di zaman modern seperti sekarang ini yang mana menggantungkan banyak aktivitasnya dari listrik. Hampir selama 24 jam penuh kita menggunakan energi listrik untuk bermacam penggunaan dan kegiatan.

Namun penyediaan energi listrik pun harus diperhatikan. Sekarang ini penyediaan energi listrik semakin berkurang, terutama di Indonesia. Sering terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba dan entah sampai kapan pemadaman tersebut berlangsung. Kurangnya penyediaan energi listrik tentunya akan sangat mengganggu kegiatan, baik itu rumah tangga hingga bisnis. Kurangnya penyediaan energi listrik akan menyebabkan kontinuitas produksi dari industri menjadi terganggu, kualitas kinerja dari setiap instansi perkantoran yang memakai energi listrik akan berkurang, demikian pula halnya pada konsumen rumah tangga.

Agar kegiatan tidak terganggu, sangat disarankan menyediakan pembangkit energi listrik yakni genset.

Apa itu Genset?

Genset atau Generator Set adalah sebuah perangkat yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan daya listrik. Disebut sebagai Generator Set dikarenakan dua perangkat yang berbeda dijadikan satu set peralatan yakni engine dan generator. Engine berfungsi sebagai perangkat pemutar, sedangkan generator berungsi sebagai perangkat pembangkit energi listrik.

Keberadaan genset sudah dirasakan oleh banyak orang, baik digunakan di bidang industri, bidang pemerintahan, ataupun rumahan. Perangkat ini mampu memberikan pasokan energi listrik sewaktu sumber listrik yang utama padam ataupun bisa menjadi sumber pasokan energi listrik yang utama apabila digunakan di daerah yang tidak banyak memperoleh energi listrik.

Pertumbuhan genset setiap tahunnya mengalami peningkatan yang sangat pesat. Genset tersedia dalam bermacam jenis yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat dunia. Penggunaan genset pun cukup mudah, di tambah fungsinya yang sangat vital dan bahan bakar yang digunakan mudah diperoleh yakni bahan bakar solar atau bensin, membuat perangkat yang satu ini wajib dimiliki. Harga genset berbeda-beda, tergantung merek dan jenis.  Merek genset sendiri sangat beragam salah satunya Yanmar. Harga genset Yanmar sendiri mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Ukuran daya dari genset pun bermacam-macam. Ukuran daya genset bisa disesuaikan dengan kebutuhan daya masing-masing yang dibutuhkan oleh bermacam sektor. Jadi, apabila kita mempunyai kebutuhan energi listrik yang besar, maka kita mesti menggunakan ukuran daya genset yang besar pula, begitu juga dengan sebaliknya. Genset bisa kita gunakan sebagai alternatif energi listrik apabila di daerah kita terjadi pemadaman listrik. Ukuran daya listrik genset sendiri mulai dari 300 watt hingga lebih dari 10.000 watt.

Tunggu apa lagi, miliki genset sekarang juga. Apabila ingin membeli genset, sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual genset murah, lengkap dan berkualitas dengan beragam jenis dan merek.



Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016