Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota setempat, Siddiq Handanu, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) sebagai upaya mengecek terhadap kesiapsiagaan petugas dan sarana kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohammad Alkadrie, Senin.

Dalam kesempatan itu, Setelah berbincang dengan sejumlah pasien serta melihat Fasilitas kesehatan di yang ada di RSUD Sultan Syarif Mohammad Alkadrie, Wakil Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerangkan, jika Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tidak ingin pelayanan kesehatan menjelang lebaran, menurun.

Sehingga dirinya ingin melihat secara langsung sejauh mana kesiapan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama libur lebaran nanti.
“Saat libur lebaran nanti, pelayanan untuk poliklinik saja yang akan dipindahkan di IGD, sedangkan pelayanan Rumah Sakit tetap 24 jam, dan semua pasien akan tetap diterima untuk ditangani, sedangkan jika kondisi pasien kritis, maka akan dirujuk ke rumah sakit lain,”  Ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Dirinya pun meminta petugas operasional kesehatan, tetap bersemangat dalam melayani masyarakat, meskipun dalam suasana idul fitri. Sehingga selama cuti bersama lebaran Idul Fitri, petugas dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

“Sembari melakukan pembenahan kualitas sarana dan SDM, tentunya menjadi kewajiban kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, sehingga pasien yang ingin berobat harus terlayani dengan baik, jadi sistemnya silahkan rumah sakit yang mengkoordinir agar selalu ada petugas yang siap siaga di rumah sakit, sehingga warga yang sakit tidak khawatir dan langsung mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala dinas Kesehatan Kota pontianak Sidiq Handanu menambahkan, jam operasional serupa juga berlaku terhadap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Menurutnya, puskesmas akan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat meski lebaran.  Selain itu, pihaknya juga mengintruksikan kepada 4 puskesmas Tipe D atau setara dengan rumah sakit, juga melakukan hal yang sama untuk melayani persalinan masyarakat.

“Puskesmas di Siantan hilir, Gang Sehat, Alianyang dan Kampung Dalam, kami perbolehkan cuti bersama hari Senin, Selasa dan Jumat, sedangkan sisanya atau bertepatan dengan hari raya, tetap buka seperti biasa,” Pungkasnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016