Ketapang (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang kini memiliki rumah pintar Pemilu sebagai sarana untuk memberi pendidikan demokrasi bagi masyarakat.
    Peresmiannya dilakukan oleh Komisioner KPU Kalbar Misrawie dihadiri Asisten II Setda Ketapang, pejabat dilingkungan Forkompinda Ketapang, Ormas/Organisasi Kepemudaan serta Organisasi Perempuan Pelajar dan Mahasiswa.
    Ketua  KPU Kabupaten Ketapang Rony Irawan mengatakan, rumah pintar juga dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat baik secara kualitas maupun kuantitas dalam setiap penyelenggaraan Pemilu dan menjadi pusat informasi kepemiluan.
    "Rumah pintar pemilu ini dibangun dengan memanfaatkan ruangan yang ada di Kantor KPU Kabupaten Ketapang. Kini penataan ruangannya hampir selesai dilakukan dengan materi berupa informasi pemilu, panel dinding, maket denah TPS, poster/leaflet/booklet, maket diorama, alat peraga simulasi pemungutan dan penghitungan suara dan lain sebagainya yang terkait dengan pendidikan pemilih," ujar dia.
    Lebih lanjut Rony mengungkapkan, pengunjung yang berada di rumah pintar pemilu akan memperoleh berbagai informasi penting mulai dari Pemilu orde lama hingga Pemilu saat ini ataupun Pilkada langsung yang telah dilaksanakan.
    Dikatakannya, rumah pintar ini di desain sedemikian rupa dengan suasana seperti ruang pameran dan disesuaikan dengan kearifan lokal yang dapat membuat para pengunjung menjadi terkesan.
    "Dalam pengelolaannya, KPU Kabupaten Ketapang akan memprogramkan berbagai kegiatan sehingga rumah pintar pemilu ini menjadi hidup dengan berbagai kegiatan demokrasi, dan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan rumah pintar ini sebagai sarana memperkaya ilmu pengetahuan," ujar dia.
    Ia menambahkan, kedepannya berbagai inovasi dan kerja sama dengan para stakeholder akan dibangun untuk menjadikan rumah pintar pemilu tetap eksis. "Ini menjadi salah satu point penting yang dibahas dalam Rakornas rumah pintar pemilu yang diselenggarakan di Denpasar Bali beberapa waktu lalu," ungkapnya
   Rumah pintar pemilu setiap saat selalu dimonitor oleh KPU RI dan terus dievaluasi keberadaannya. Dalam kegiatan launching juga akan mengundang pihak terkait seperti Forkopinda, SKPD terkait, partai politik, tokoh masyarakat, mahasiswa termasuk juga  siswa SMA/SMK yang akan diberikan fasilitasi pendidikan  pemilih atau dialog demokrasi," ujar dia.
    Sementara itu Kmisioner KPU Kalbar Misrawi mengatakan, peresmian Rumah Pintar Pemilu KPU Ketapang ini bertujuan agar Masyarakat luas bisa mengetahui informasi tentang pemliu yang ada di Indonesia.
    Ia berharap, kedepan masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Ketapang dapat mengetahui secara akurat informasi tentang Pemilu di Rumah Pintar Pemilu KPU Ketapang.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016