Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sambas Ilham Sehan mengajak seluruh nelayan yang ada di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat untuk menjaga keberlangsungan terumbu karang.

   "Ajakan kita untuk menjaga karang ini akan terus kita sampaikan. Kita akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga karang," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Sabtu.

    Ilham menjelaskan dengan menjaga dan melestarikan karang maka ekosistem laut, seperti ikan, lobster dan lain sebagainya akan berkembang.

    "Masyarakat dan nelayan bisa bersama-sama menjaga potensi yang ada seperti tidak menangkap ikan atau lobster menggunakan bom atau racun, sebab, aktivitas tersebut dapat membunuh terumbuk karang," tuturnya.

    Sebaliknya kata Ilham jika nelayan tidak mampu menjaga karang atau justru melakukan kerusakan lingkungan maka ikan-ikan tidak memiliki tempat dan dampaknya nelayan akan sulit mendapatkan ikan,.

    "Kembali lagi jaga terumbu karang sebab itu merupakan tempat ikan mencari makan dan bermain," jelasnya.

    Terkait sejumlah agenda termasuk di dalamnya sosialisasi, ia menilai hal tersebut wajib dilakukan agar pelestarian lingkungan bisa terjaga.

    "Mudah-mudahan dengan sosialisasi masyarakat dan nelayan benar-benar memahami dan bersama-sama mengawasinya. Sebab untuk menjaga kelestarian alam ini perlu kesadaran nyata dari masyarakat itu sendiri," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016