Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Burhanuddin mengimbau warga di kota itu untuk waspada terhadap banjir dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan.

"Hal ini harus saya ingatkan lantaran beberapa hari terakhir ini, Singkawang diselimuti hujan dengan intensitas sedang tapi lebat dengan durasi yang cukup lama," kata Burhanudin di Singkawang, Minggu.

Dia juga mengingatkan, agar warga jangan membuang sampah sembarangan. Tapi jaga selalu kebersihan lingkungan dengan membersihkan saluran-saluran parit yang tersumbat di sekitar lingkungannya.

"Kita juga tentu harus menyiapkan diri untuk mewaspadai terhadap beberapa penyakit di musim pancaroba sekarang ini," tuturnya.

Berdasarkan koordinasi yang dilakukan BPBD Singkawang dengan BMKG Kalbar, bahwa perkiraan hujan masih akan terjadi hingga Agustus 2016.

Guna mengantisipasi agar Singkawang tidak terjadi banjir, galakkan kembali gotong royong untuk melakukan bersih-bersih di sekitar lingkungan.

Secara terpisah, Ketua RT 26, RW 009, Jalan Manggis, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Awang Ali Akbar mengimbau kepada warga setempat untuk menggalakkan kembali kerja bakti bersih-bersih lingkungan.

Hal itu ditegaskan dia, lantaran beberapa hari ini Singkawang diselimuti hujan dengan intensitas sedang yang cukup lama.

"Meskipun kita tidak pernah kebanjiran di sini, namun lingkungan harus tetap di bersihkan. Supaya jauh dari berbagai penyakit," pesannya disela-sela membersihkan sekitar gerbang pintu masuk Jalan Manggis.

Menurutnya, bersih-bersih di sekitar gerbang Jalan Manggis ini adalah langkah awal sebagai ajakan kepada warga setempat.

"Minggu depan semua warga harus turun guna membersihkan lingkungan sekitar rumahnya," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016