Sekadau (Antara Kalbar)- Wakil Bupati Sekadau Aloysius mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, merupakan salah satu program prioritas Pemkab Sekadau.
   
"Mempersiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas kesehatan yang refresentatif, merupakan salah satu program prioritas bagi Pemkab Sekadau," ungkapnya, saat melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Pembatu (Pustu) di Belitang, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau.
   
Ditegaskan, untuk itu maka pembangunan Puskesmas Belitang merupakan program kerja Dinas Kesehatan dan Pemkab Sekadau dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, di Kecamatan Beitang.
    
"Manfaatkanlah Puskesmas ini untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Nah, untuk kontraktor, kita harapkan kerja tepat waktu dan jaga kualitas bangunannya. Tujuannya, agar bangunan ini, sesuai dengan yang tertera di rencana anggaran biaya (RAB)," paparnya.
   
Menurut Aloy, salah satu alasan dibangunnya Puskesmas itu tentunya dengan harapan pelayanan kesehatan semakin mudah. "Kedepan kita minta tenaga medis bisa ditambah lagi di Kecamatan Belitang ini," ujar dia.
   
Hadir dalam kesempatan itu, Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau dr Wirdan Mazumi, M Kes, Camat Belitang Miki Hermanto, S Sos, Kapolsek Belitang, Koramil Belitang, para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Kota Belitang.
   
Kepala Dinas Kesehatan dr Wirdan Mazumi, M Kes mengatakan, keberadaan bangunan Puskesmas yang lama, sering terkendala pelayanan kepada masyarakat. "Di tempat yang lama kadang banjir, untuk itu sudah layak dan kita pertimbangkan untuk membangun gedung baru dan di tempat yang baru," ujarnya.
   
Menurut Wirdan bangunan itu menempati lahan seluas 70 meter persegi dengan mengunakan dana DAK. "Kita harapkan untuk menyehatkan masyarakat Belitang, pembagunan ini bisa dimanfaatkan dengan optimal. Dan untuk kontraktor pelaksana, pekerjaan harus selesai sesuai dengan waktu kontrak," ungkapnya.
   
Sementara, tokoh masyarakat Belitang, Muhamad mengaku siap mendukung pembangunan Puskesmas tersebut, demi untuk kemajuan Kabupaten Sekadau. "Kami berharap, akan banyak alokasi pembangunan di Kecamatan Belitang ini," ujarnya.
   
Camat Belitang, Miki Hermanto S Sos mengungkapkan berdirinya bangunan Puskesmas tersebut merupakan hasil kerja sama masyarakat dan Dinas Kesehatan dan Pemkab Sekadau. "Ini merupakan bukti nyata perhatian Pemkab Sekadau ke Kecamatan Belitang," tegasnya.
   
Miki berharap dengan adanya pembangunan Puskesmas baru tersebut, pelayanan juga semakin lebih baik lagi. "Kalau sudah selesai, maka kita minta tenaga kesehatan dan alat medis yang lengkap. Tentunya, agar masyarakat bisa terlayani dengan maksimal, tidak harus dirujuk ke rumah sakit di Sintang atau ketempat lain," pungkasnya.

Pewarta: Kushaeri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016