Jakarta (Antara Kalbar) - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan All New Calya dalam jajaran kendaraan serba guna/Multi Purpose Vehicle (MPV).

Calya digadang-gadang melanjutkan kesuksesan produk Toyota lain di segmen MPV.

Sesuai namanya yang diambil dari bahasa Sansakerta yang artinya sempurna, mobil murah ramah lingkungan (LCGC) itu seolah-olah menyempurnakan apa yang ditawarkan pada kendaraan merek lain pada kelasnya.

Calya memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sebagai MPV yang komplit namun terjangkau. Dan, yang lebih membanggakan lagi, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada Astra Toyota Calya--yang diproduksi di Pabrik Perakitan Kendaraan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang Assembly Plant, Jawa Barat--mencapai 94 persen.

"All New Calya ingin menjawab kebutuhan pasar sebagai kendaraan MPV dengan harga terjangkau dan interior yang luas untuk seluruh anggota keluarga. Kehadiran model ini melengkapi segmen MPV Toyota," Deputy Chief Engineer Toyota Motor Corporation (TMC), Masanobu Ito.

Lalu kenapa Calya disebut sempurna?

Dengan fitur yang lengkap, Calya ditawarkan dengan harga mulai Rp129,45 juta. Calya memiliki desain modern. Tampilan agresifnya merupakan perpaduan antara lampu utama, chrome grille serta bumper yang terlihat begitu fresh.

Dari depan, Calya tampak lebar dengan desain radiator grille berbentuk trapezoid dan bentuk "T" demi menghadirkan kesan tegas, yang bertemu dengan penggunaan lampu depan berdesain heksagonal.

Kemudian dari samping Calya disemati desain garis ganda yang melintas dari ujung depan hingga belakang yang terlihat dinamis dengan sentuhan pelek alloy dua warna berukuran 14 inci untuk mobil dengan ground clearance 180 milimeter tersebut.

Di bagian belakang, anda akan mendapati spoiler berbentuk sirip serta desain lampu berbentuk huruf L terbalik yang memberikan kesan lebar mobil itu. Terdapat juga garnish chrome pada plat nomor yang disematkan.

Jika masuk ke bagian dalam, Calya terasa luas dan dapat menampung tujuh penumpang. Sentuhan Multi-Layer Cockpit dalam kombinasi warna hitam dan coklat senada memberikan tampilan elegan.



Keunikan Calya antara lain terletak pada "floating" central dashboard dengan tuas transmisi diletakkan disamping lingkar kemudi menjadi sangat ergonomis, sehingga memudahkan pergantian transmisi demi kenyamanan.

Sebagai hiburan untuk seluruh penumpang, Calya dibekali dengan Audio Double-Din yang berbentuk flat type mampu memutar lagu dengan format CD, MP3 serta koneksi AUX-In dan USB, dengan illumination light berwarna senada dengan meter combination sehingga menambah kesan modern. Pada tipe G, terdapat tambahan Bluetooth untuk voice call dan music player.

Demi kenyamanan seluruh penumpang, Calya dilengkapi dengan Rear Air Circulator dengan 4 buah flaps yang dapat meneruskan hembusan udara dingin dari depan merata hingga belakang. Hembusan angin ini bisa diatur melalui tuas yang terletak dekat kisi angin di atap.

Selain itu, Calya mempermudah penumpang dalam akses keluar-masuk ke baris ke-3 berkat system easy one-touch tumble pada bangku baris ke-2. Dan untuk menambah kapasitas bagasi, bangku ke-3 pun mudah dilipat dengan Tumble Seat Arrangement menjadi 800 liter lebih untuk kenyamanan dalam membawa lebih banyak barang.

Calya juga dilengkapi dengan tujuh buah headrest dan tujuh buah tiga point seatbelt yang semakin mempertegas fungsinya sejak awal dikembangkan untuk kapasitas hingga tujuh penumpang.

Efisien dan aman

Calya dibekali dengan mesin anyar seri 3NR yang memiliki kapasitas 1.200 cc yang compact dan ringan dengan teknologi Dual VVT-i, sehingga memberikan performa memadai serta memberikan efisiensi bahan bakar maksimal.

Para engineer juga mampu mereduksi getaran mesin dan menghadirkan suara yang halus dari mesin, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman untuk seluruh penumpang baik untuk perjalanan dekat maupun jauh.

Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda depan, Calya dibekali transmisi otomatis 4-speed yang halus serta transmisi manual 5-speed yang responsif. Hal ini yang membedakannya dengan pesaingnya saat ini seperti Datsun GO+ yang belum tersedia dalam varian matic.

Selain itu, Calya menghadirkan 3-point seatbelt untuk seluruh penumpang untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Sementara, bagi pengemudi dan penumpang mendapat tambahan perlindungan berupa Dual SRS Airbag. Penguatan struktur body secara keseluruhan dengan penyempurnaan GOA Body akan memberikan perlindungan maksimal saat terjadi benturan.



Sementara itu, sistem pengereman Calya pun sudah dilengkapi dengan ABS agar pengemudi tetap dapat mengendalikan kendaraan saat pengereman mendadak, pun di jalan yang licin sehingga semakin memberikan rasa aman dan menambah percaya diri saat berkendara.

Tak ketinggalan, TAM menyematkan parking sensor untuk seluruh grade Calya untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi baik dalam perjalanan maupun saat parkir. Ini digunakan agar pengemudi dapat mengetahui jarak depan dan belakang, terutama saat parkir.

Immobilizer pada Calya menjadikan kendaraan tidak dapat dihidupkan menggunakan kunci duplikat. Selanjutanya, dengan adanya fitur alarm juga akan semakin memberikan keamanan.

Kemewahan semakin terasa lewat ECO indicator pada MID yang dapat memberikan informasi kepada pengemudi seberapa efisien dia mengemudi dan juga Layar MID yang informatif, mampu memberikan informasi, seperti jarak yang ditempuh, rata-rata konsumsi bahan bakar, sisa jarak tempuh untuk pengisian ulang bahan bakar, dan lain-lain. 



Terdapat juga Power Window untuk semua jendela sehingga driver dapat mengontrol semua jendela dan penumpang memiliki kemudahan akses pada jendela. Selain itu, Terdapat power outlet pada baris ke-2 untuk menunjang aktifitas penumpang dengan smartphone-nya agar mudah dijangkau.

All New Calya bakal makin melengkapi lini produk Toyota di kelas MPV bersama Avanza, Veloz, All New Sienta, Kijang Innova, NAV 1, Alphard dan Vellfire.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016