Singkawang (Antara Kalbar) - Sejumlah calon wali kota dan wakil wali kota Singkawang mulai mengikuti tes kesehatan dan kejiwaan di kota Pontianak.

Seperti yang dilakukan oleh pasangan bakal calon Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Soedarso, pada Jumat kemarin. Sedangkan pada hari ini, dirinya mengikuti tes wawancara dan psikotes di Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong Pontianak.

"Ini syarat dalam mengikuti Pilkada dan saya sudah lakukan beberapa tes. Bersyukur tidak ada kendala," kata dia di Pontianak, Sabtu.

Tjhai Chui Mie maju mencalonkan diri menjadi Wali Kota Singkawang diusung empat partai politik. Di antaranya PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura dan Demokrat.

Wanita yang sempat duduk di legislatif dua periode ini berpasangan H. Irawan. "Terima kasih atas dukungan partai. Berharap pasangan kami tidak mengecewakan. Kami optimis lolos dalam tes ini," tuturnya.

Selain Tjhai Chui Mie, pasangan Moses Ahie dan Amir Fattah juga ikut tes kejiwaan di RSJ Daerah Sungai Bangkong siang kemarin. Pantauan koran ini, Amir Fattah lebih dulu keluar dari bakal calon lainnya.

"Alhamdulillah berjalan lancar, petugas di rumah sakit sangat membantu dan sangat profesional," kata Amir.

Dia menyebutkan tidak ada kendala selama mengikuti tes. Menurutnya tes psikotes yang dijalani itu menuntut kecepatan berpikir. Sedangkan tes interview untuk melihat perjalanan hidup bakal calon.

"Makanya perlu ketelitian karena banyak yang diulang-ulang," katanya.

Terkait dukungan, mantan Kepala Imigrasi Kelas II A Singkawang ini mengaku masih ada yang mesti diperbaiki. Bersama pasangan, Amir harus menambah jumlah dukungan setelah melalui tahapan verifikasi tahap I dan II.

Dari kedua tahap itu, sebut dia, dukungan yang tertuang hanya 9.334. "Jadi kami tinggal memenuhi kekurangannya yakni harus 16.400 dukungan dan Insya Allah sudah terpenuhi," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016