Doha (Antara Kalbar) - Utusan khusus Presiden Indonesia, Alwi Shihab, Minggu (25/9), menekankan keinginan untuk mempererat jalinan kerja sama dengan Qatar dalam berbagai sektor ekonomi.

Keinginan tersebut disampaikan dalam pertemuan antarpebisnis kedua negara yang digelar di kantor Kamar Dagang dan Industri Qatar (QCCI) untuk meningkatkan jalinan kerja sama dan khususnya dalam upaya untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan sektor swasta antara Qatar dan Indonesia, demikian laporan Kantor Berita Qatar QNA sebagaimana dipantau Antara di Jakarta dari laman OANA, Senin.

Dalam hal itu, Alwi menekankan pentingnya peranan yang dapat dimainkan oleh QCCI dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam mencapai konvergensi antarpelaku bisnis kedua negara serta terlibat dalam kemitraan efektif yang bisa memenuhi kepentingan ekonomi mereka.

Dia mengundang para pelaku bisnis Qatar untuk berinvestasi di negaranya dan berpartisipasi secara aktif pada "31st Trade Expo Indonesia 2016" dan Forum Islami yang akan digelar di Jakarta pada bulan Oktober 2016.

Sementara itu, Wakil Ketua QCCI Mohammed bin Ahmen bin Towar Al Kuwari menyatakan pihaknya mengajak para pelaku bisnis Qatar untuk mendukung kerja sama dan pertukaran pengalaman dengan mitranya di Indonesia untuk menstabilkan iklim investasi di kedua negara tersebut.

Dalam hal itu, dia menghargai sejarah hubungan bilateral antara Qatar dan Indonesia yang memiliki banyak kesempatan investasi sebagaimana disampaikan Presiden Indonesia Joko Widodo saat mengunjungi Qatar dewasa ini yang bisa membuka pandangan baru bagi masa depan kerja sama antarkedua negara.

Selama pertemuan, delegasi Indonesia menyampaikan presentasi mengenai iklim dan kesempatan-kesempatan investasi di Indonesia serta beberapa sektor paling penting yang bisa mendorong para pelaku bisnis di Qatar untuk berinvestasi.

Delegasi dalam kunjungan itu juga menyampaikan presentasi "Indonesia Trade Fair 2016" yang akan memamerkan produk-produk ekspor Indonesia berkualitas mulai dari industri, pertambangan, pertanian, hingga kerajinan tangan.

Nilai perdagangan antara Qatar dan Indonesia dalam periode terakhir meningkat hingga 1,6 miliar dolar AS, sedangkan ekspor minyak dan gas alam Qatar naik hingga 1,2 miliar dolar AS. (Uu.M038)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016