Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Singkawang menggelar pelatihan pengolahan hasil perikanan kepada kelompok masyarakat kelautan dan perikanan di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan kota setempat, Selasa.

Ketua panitia kegiatan Hamdan mengatakan, kegiatan pelatihan pembuatan rolade dan abon ikan digelar dengan tujuan untuk meningkatkan SDM perempuan nelayan dalam hal pengetahuan mengolah hasil perikanan sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

"Dengan pelatihan yang diselenggarakan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan nelayan dalam mengolah hasil laut yang ada di Kota Singkawang," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Singkawang, Ahyadi mengatakan, pelatihan sangat diperlukan bagi perempuan nelayan di kota setempat, untuk memberikan pengetahuan umum tentang nilai gizi ikan, manfaat ikan dan nilai tambah dari produk olahan ikan.

"Pelatihan ini dipandu oleh nara sumber yang sudah berkompeten dalam melakukan proses pengolahan ikan, sehingga dapat memberikan pelajaran teknik pembuatan rolade dan abon ikan," kata Ahyadi.

Selain itu, lanjut Ahyadi, pemberdayaan masyarakat secara mental dalam rangka meningkatkan kemampuan dan persoalan pesisir dititikberatkan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha.

"Untuk peningkatan kemampuan dan peran serta perempuan nelayan atau pesisir dalam pelestarian lingkungan serta peningkatan pendidikan, pelatihan, riset dan pengembangan di wilayah pesisir dan laut," kata Ahyadi.

Pelatihan pembuatan rolade dan abon ikan ini, tambah Ahyadi, diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan pengetahuan bagi perempuan nelayan untuk meningkatkan pendapatannya.

"Apalagi bila produk tersebut bisa dikemas dengan sebaik mungkin maka dapat di pasarkan di toko-toko atau swalayan yang ada di Kota Singkawang ini," tuturnya.

Ahyadi berharap, dengan pelatihan pengolahan perikanan ini, masyarakat nelayan atau pesisir dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan akan nilai perikanan.

"Setelah kegiatan ini saya berharap dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam masyarakat pesisir sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pesisir," harap Ahyadi.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016