Jakarta (Antara Kalbar) - Penelitian yang dilakukan PT Unilever Indonesia Tbk menemukan bahwa kebanyakan anak dan orang tua tidak menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur.

"Sebanyak 77 persen responden anak dan 70 persen orang tua tidak menyikat gigi pada malam hari," kata Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia drg Ratu Mirah Afifah di Jakarta, Selasa.

Mirah mengatakan ibu adalah sosok yang memiliki kebiasaan menyikat gigi tertinggi di keluarga. Hasil penelitian mengungkapkan 46 persen responden hanya mengikat gigi satu kali sehari, dengan rata-rata ibu menyikat gigi 1,5 kali sehari, sedangkan anak hanya 1,3 persen.

Hanya sedikit sekali yang melakukan sikat gigi sesuai dengan frekuensi dan waktu yang direkomendasikan.

"Sebaiknya menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur," jelas Mirah.

Mirah mengatakan melewatkan sikat gigi malam sebelum tidur sama dengan memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang biak lebih cepat dan mengubah sisa makanan menjadi asam. Asam dapat melarutkan email gigi sehingga gigi berlubang.

Konsentrasi flouride saat menyikat gigi pada malam hari dapat bekerja dalam air liur selama 12 jam, berbeda dengan setelah menyikat gigi pada siang hari yang hanya satu hingga empat jam.

"Flouride yang bertahan pada lapisan gigi pada malam hari baik untuk menguatkan email gigi terhadap serangan asam bakteri di rongga mulut," tuturnya.

Untuk mengedukasi masyarakat mengenai arti penting menanamkan kebiasaan baik untuk menyikat gigi kepada anak, produk pasta gigi produksi PT Unilever Indonesia Tbk, Pepsodent, meluncurkan cerita "Petualangan Mama Sigi dan Pepo". 
   
"Pepsodent percaya menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk melindungi gigi. Namun, masih banyak keluarga yang melewatkan," kata Senior Brand Manager Pepsodent Imelda Karya Wira di Jakarta, Selasa.

Imelda mengatakan keluarga perlu menanamkan kepada anak kebiasaan menyikat gigi pada malam hari sedini mungkin. Karena itu, Pepsodent meluncurkan cerita edukatif dan interaktif yang menyenangkan melalui "Petualangan Mama Sigi dan Pepo".

"Petualangan Mama Sigi dan Pepo" akan menampilkan karakter utama Mama Sigi dan Pepo serta sejumlah karakter lain berupa binatang yang mengajak keluarga Indonesia bertualang sambil memandu si kecil menyikat gigi sebelum tidur selama dua menit.

"Petualangan Mama Sigi dan Pepo" bisa dinikmati melalui Facebook Pepsodent. Cerita berbasis audio dapat didengarkan melalui telepon genggam dengan menekan *200*188#. 

(D018/A. Salim)

Pewarta: Dewanto Samodro

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016