Mempawah (Antara Kalbar) - Ikatan Keluarga Mahasiswa  (IKM) Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat melaksanakan sosialisasi hukum di Kabupaten Mempawah.
  
Kegiatan tersebut merupakan upaya sosialisasi sekaligus mengedukasi masyarakat di daerah guna memahami produk hukum yakni  undang-undang ataupun regulasi yang diberlakukan.       
   
Menurut Dekan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak DR Hasyim Azizurahman, kegiatan yang dilaksanakan fakultas hukum itu merupakan bagian dari pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian mahasiswa di Kabupaten Mempawah.
   
"Melalui observasi ini kita ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa melakukan pengabdian menyimak, mencermati dan memahami berbagai persoalan dimasyarakat. Nantinya berbagai laporan hasil penelitian mahasiswa akan kita bahas sekaligus untuk dilakukan perbaikan-perbaikan, yang dapat direkomendasikan sebagai kajian aspek hukum yang berkontribusi terhadap perbaikan nilai-nilai kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara," kata Hasyim Azizurahman.
   
Pemerintah Kabupaten Mempawah mengapresiasi kegiatan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak. Sekretaris Daerah Mempawah Mochrizal menilai melalui berbagai rangkaian kegiatan kemahasiswaan itu merupakan salah satu bentuk implementasi disiplin ilmu yang partisipatif mengedukasi masyarakat.
   
Apalagi dalam 2 (dua) tahun terakhir fakultas hukum Universitas Tanjungpura Pontianak sangat aktif melaksanakan kegiatan serupa. Diharapkan penyuluhan hukum dan kegiatan bhakti sosial mahasiswa ini dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagi generasi muda maupun masyarakat Kabupaten Mempawah umumnya.
   
"Selain itu tentu kita ingin masyarakat semakin taat dan patuh terhadap undang-undang nasional dan regulasi atau perda Kabupaten Mempawah. Sebab, undang-undang maupun regulasi yang ada merupakan pedoman hukum yang harus ditaati bagi kelangsungan hidup masyarakat," ujar Sekda Mochrizal.
   
Ketua Angkatan Fakultas Hukum, Paolo Da Silva menegaskan kegiatan IKM fakultas Hukum Untan angkatan 2016-2017 itu merupakan implementasi disiplin studi hukum sekaligus menanamkan jiwa korsa mahasiswa.
   
"Pengabdian mahasiswa ini sekaligus mendorong kawan-kawan mahasiswa memahami bagaimana memperoleh akreditasi yang bagus. Selain itu rangkaian pengabdian bhakti sosial dan penyuluhan hukum langsung dimasyarakat ini kita harapkan semakin mendorong kesadaran dan pemahaman hukum masyarakat, khususnya di Kabupaten Mempawah," ujarnya.
   
Hal yang sama dikatakan panitia penyelenggara. Menurut Shelia implimentasi disiplin ilmu hukum dikampus yang dibalut dengan pengabdian dimasyarakat ini memberikan motivasi yang kuat terhadap mahasiswa. "Tentu ini motivasi yang baik bagi kita di IKM Fakultas Hukum Untan. Gebrakan ini tentu membangkitkan kesadaran hukum mahasiswa di dan masyarakat kita," jelasnya.
   
Sementara Ilham Rinaldi, mengungkapkan kegiatan tersebut diprioritaskan bagi mahasiswa baru sebagai aplikasi disiplin ilmu hukum dan bagaimana seharusnya memberikan penyuluhan dan pendampingan hukum yang baik terhadap masyarakat. Diharapkan para mahasiswa semakin mendalami dan mampu menerapkan disiplin ilmu hukum mereka dengan baik.
  
"Semakin memahami berbagai aspek hukum tentu mahasiswa kita ini akan semakin baik. Dengan demikian ketika masyarakat yang tadinya belum paham, setelah mendapatkan penyuluhan hukum dari mahasiswa ini tentu masyarakat kita akan lebih memahami kalau hukum itu sangat penting dijadikan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkasnya.
   
Selain melakukan sosialisasi hukum dan kuliah umum di Wisma Chandaramidi Mempawah, Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura angkatan tahun 2016 – 2017 ini melakukan bhakti sosial bersih-bersih di lingkungan pasar Sebukit Rama, sekaligus membagikan bantuan sembako kepada masyarakat yang tidak mampu.
   
Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan makanan siap santap kepada penghuni pondok pesantren dan panti asuhan Al Falah Mempawah. Kegiatan yang dipandu dekan dan unsur civitas akademika fakultas hukum Untan ini dibantu para senior fakultas dengan kegiatan akhir yakni mengikuti outbond di Pantai Kijing, Sungai Kunyit, Mempawah.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016