Sanggau (Antara Kalbar) - Semangat warga Sanggau memperingati sejarah bangsa Indonesia patut diacungi jempol. Seperti pada apel peringatan HUT ke-88 Sumpah Pemuda yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Sanggau.
Upacara berlangsung dalam kondisi hujan deras. Kendati demikian, tak mengurangi khimadnya upacara tersebut.
Bupati Sanggau, Paolus Hadi terlihat bersemangat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), walaupun ditengah guyuran hujan.
"Kita lanjut ya, hujan bukan halangan. Yang terpenting semangat kita," ujar dia.
Hanya saja, sambutan itu terpaksa dihentikan, karena ketika teks pidato tersebut kabur dan sobek terkena air hujan. "Wah, bagaimana ini, teksnya sobek dan tulisan luntur karena air hujan," cetusnya.
Rangkaian pelaksanaan apel bendera, peringatan HUT Sumpah Pemuda ini awalnya berjalan lancar,
hanya cuaca terlihat mendung.
Namun, saat Bupati Sanggau membacakan sambutan, spontan hujan pun turun.
Kepada wartawan usai apel tersebut, Bupati Sanggau Paolus Hadi imengungkapkan, pihaknya meminta diberikan pemuda yang mampu membuka celah dunia, artinya pemuda yang kreatif dan bisa memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Sanggau.
"Kita hanya meminta pemuda yang bisa membuka celah dunia. Nah, tentunya pemuda yang kreatif dan bisa memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Sanggau yang melimpah ini," ungkapnya.
Ditambahkan, Kabupaten Sanggau mempunyai banyak potensi. Untuk itu maka ditangan pemuda lah potensi yang ada diolah, sehingga tidak lagi menjadi penonton.
Hadi mengibaratkan di Kabupaten Sanggau sangat banyak tandan kosong bekas pengolahan buah kelapa sawit. Mengapa ini tidak diolah menjadi pupuk, padahal bahan baku itu sangat menjanjikan. "Inikan potensi besar di Kabupaten Sanggau, perlu ada pemuda yang mampu mengolahnya menjadi pupuk dan berbagai potensi lain," tegas dia.
Selain itu Hadi juga berharap, agar pemuda di Kabupaten Sanggau bangga mengukir sejarah atau lebih dikenal dengan slogan Sabang Merah. "Rasa bangga untuk mengukir sejarah ini perlu selalu ditanamkan. Ini maknanya sangat luas sekali," ujar dia.
Hadi juga berharap kepada para aparatur sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Sanggau, agar momen sumpah pemuda ini, bisa mengambil hikmah dari semangat perjuangan pemuda terdahulu.
Dalam hal bisa memaknai positif dengan cara bekerja keras memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.
Sehingga, masyarakat bisa merasa nyaman setelah mendapatkan pelayanan prima dari pegawai pemerintah.
Saat itu dilaksanakan juga, penyerahan pemenang dan piagam penghargaan terhadap pemuda berprestasi dalam berbagai perlombaan.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016