Pontianak (Antara Kalbar) - Pengurus wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Kalimantan Barat akan menggelar kegiatan "Goes to School" guna membidik pelajar dan mahasiswa paham tentang ekonomi syariah.

"Program ini termasuk yang disampaikan MES Kalbar saat Silaturahmi Kerja Nasional yang digelar di Bursa Efek Indonesia di Jakarta," kata Ketua Umum MES Provinsi Kalbar, Sudirman HMY saat dihubungi di Pontianak, Sabtu.

Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) MES dilaksanakan selama dua hari mulai 18 hingga 19 November 2016.

Selain membidik kalangan pelajar, ada sejumlah program kerja lain yang disiapkan MES Kalbar. Seperti sekolah informal ekonomi Islam, dengan sasaran memberi pemahaman tentang ekonomi syariah kepada masyarakat terutama ibu rumah tangga, pelaku UMKM dan guru.

Kemudian, sekolah pasar modal syariah dengan sasaran utama pelaku UMKM dan ibu rumah tangga. "Tujuannya agar mereka tahu salah satunya tentang investasi di pasar modal syariah," ujar Sudirman HMY.

Lalu, menginisiasi asistensi pelatihan keuangan desa berbasis syariah melalui kegiatan seminar atau workshop lembaga keuangan mikro ekonomi syariah.

Sasaran lain yang ingin dicapai adalah mewujudkan konsep wisata halal. "Untuk awal, berupa workshop wisata halal sebagai rintisan membangun jaringan produk dan destinasi halal, pendampingan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM," kata dia.

MES Kalbar juga akan membuat database UMKM halal, serta Borneo Halal Festival yang menampilkan produk dan destinasi halal, industri keuangan syariah, serta edukasi syariah.

"Selain menggandeng media di Kalbar untuk sosialisasi tentang ekonomi syariah," kata Sudirman. 

(T011/B012)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016