Pontianak  (Antara kalbar) - Satlantas Polresta Pontianak melakukan sosialisasi operasi zebra yang sedang berlangsung dan untuk kali ini menyasar para siswa di SMKN 4 Pontianak.

"Permasalahan lalu lintas saat ini semakin komplek, mulai Kemacetan, kecelakaan, dan kepentingan yang berbenturan dengan kepentingan lalu lintas dan itu menjadi perhatian kita," ujarnya dihadapan para siswa dan warga sekolah saat, Senin.

Dikatakannya saat ini di Kota Pontianak mobilitas warga di jalan raya semakin tinggi dan itu sejalan meningkatnya kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Dengan hal demikian juga menurutnya berkorelasi terhadap semakin kompleksitas permasalahan lalu lintas

"Dengan kompleksitas permasalahan lalu lintas ini harus dicegah secara bersama- sama terutama bagi pelajar untuk diketahui. Sebab sepanjang tahun 2016 ini telah terjadi lebih dari 110 kasus kecelakaan yang melibatkan pelajar dan 40 di antaranya meninggal," katanya.

Ia menambahkan dengan tingginya angka Lakalantas yang melibatkan pelajar membuat pihak kepolisian menjadikan pelajar sasaran untuk penertiban.

"Hal itu dilakukan karena pihak polisi itu peduli dan sayang dengan para anak sekolah dan remaja, dan apabila terkena tilang maka orangtuanya yang akan kita panggil diberi peringatan agar memberi tahu anak," kata dia.

Terkait operasi zebra menurutnya bukan hanya bertujuan untuk menangkap pengendara yang melanggar aturan yang ada namun merupakan langkah pembinaan dan sosialisasi, guna mencegah terjadinya pelanggaran yang dapat menimbulkan kecelakaan.

"Mari bersama kita patuh dan tertib berlalu lintas agar semua aman dan nyaman tanpa celaka. Saatnya mengutamankan keselamatan," pesanya.

(U.KR-DDI/B008)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016