Pontianak  (Antara Kalbar) - Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, sudah siap mengadakan kejuaraan renang untuk tingkat nasional dengan diresmikannya kolam renang standar nasional, kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

"Nanti akan ada kejuaraan renang tingkat nasional dan kita (Kota Pontianak) siap berkontribusi pada kejuaraan-kejuaraan tingkat nasional itu," kata Sutarmidji usai peresmian Kolam Renang Ampera, di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, dirinya sudah berkoordinasi dengan atlet renang nasional Wisnu Wardhana yang ikut hadir dalam peresmian kolam renang tersebut. Dan ia juga akan berkoordinasi dengan Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) guna menghadirkan kejuaraan renang tingkat nasional di kota khatulistiwa tersebut.

"Secara fisik, proses pembangunan kolam renang Ampera sudah selesai, tinggal penyelesaian lahan parkir kendaraan saja yang belum, sehingga awal tahun 2017 sudah bisa difungsikan," ungkapnya.

Sementara itu, Atlet Renang Berprestasi Nasional, Wisnu Wardhana juga menilai hal yang sama. Dirinya menilai kolam renang Ampera yang diresmikan hari ini sangat layak untuk diadakan kejuaraan renang tingkat nasional.

"Kolam renang ini sangat memungkinkan untuk diadakan kejuaraan tingkat nasional," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pontianak, Syarif Saleh menyatakan, kolam renang Ampera dibangun di Jalan Ujung pandang II, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota dengan anggaran sebesar Rp24 miliar.

Kolam renang yang bertaraf olimpiade itu, dibangun di atas lahan seluas enam hektare, yang didalamnya terdapat berbagai fasilitas diantaranya tribun, kolam berstandar olimpiade, kolam anak, kafetaria, ruang bilas, ruang ganti, lahan parkir dan sebagainya.

"Hadirnya kolam renang ini sebagai upaya kita untuk meningkatkan fasilitas dan prestasi olah raga di Kota Pontianak, dan untuk mewujudkan pembinaan yang lebih insentif pada olah raga renang," katanya.

(U.A057/Y008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016