Pontianak (Antara Kalbar) - Kota Pontianak saat ini, telah memiliki sebanyak 57 Posyandu permanen, kata Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, Zumyati.

"Dengan dibangunnya sebanyak 57 Posyandu permanen tersebut, maka menunjukkan bentuk kepedulian Pemkot Pontianak semakin baik, mulai dari peningkatan sarana dan prasarana maupun sumber daya manusianya," kata Zumyati dalam sambutannya pada pembukaan Jambore Kader Posyandu se-Kalbar di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, sebanyak 57 Posyandu permanen tersebut tersebar di enam kecamatan di Pontianak.

Kemudian, lanjut dia, program dan kegiatan yang dilakukan secara terpadu di Posyandu meliputi program kesehatan, ketahanan pangan, pendidikan anak usia dini, pemberdayaan masyarakat, kepedulian lingkungan dengan bank sampah dan lainnya.

Zumyati juga mengapresiasi kepada seluruh kader yang telah memberikan waktu dan karyanya dalam melaksanakan tugas di lapangan.

"Sebagai bentuk apresiasi tersebut Pemkot memberikan bantuan operasional sebesar Rp3 juta/tahun kepada semua Posyandu yang ada di Kota Pontianak," ungkapnya.

Kepedulian terhadap Posyandu dilakukan dengan mengajak SKPD terkait maupun swasta dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kader agar menjadi kader yang memiliki kualitas dan membantu pemerintah dalam pembangunan kesehatan.

"Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan Posyandu dapat melakukan kegiatan di lapangan lebih maksimal," katanya.

(U.A057/Y008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016