Pontianak (Antara Kalbar) - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pontianak, Kalimantan Barat, kembali menggelar rangkaian pameran foto jurnalistik dengan menampilkan 60 foto jurnalistik terbaik mulai 15 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017.

"Perhelatan akbar, pameran tersebut bertajuk `Dari Barat Kalimantan`. Ada 60 karya terbaik foto jurnalis yang dicetak berukuran 40x60 cm," ujar Koordinator Pameran, Arief Nugroho di Pontianak, Rabu.

Arif menjelaskan, pameran yang akan digelar hingga awal tahun 2017 ini merupakan rangkaian puncak penutup "roadshow" dari beberapa pameran dengan konsep jalanan yang pernah dilaksanakan sebelumnya.

"Roadshow" tersebut sudah dimulai sejak 23 Oktober 2016 yang digelar di arena "car free day", Jalan Ahmad Yani Pontianak. Kemudian dilanjutkan dengan pameran di Taman Digulis pada akhir Oktober dan terakhir di Taman Budaya pada 11-12 November 2016.

"Persiapan untuk puncak pameran ini cukup panjang, hingga akhirnya panitia memutuskan rangkaian terakhir untuk tahun ini digelar mulai tanggal 15 Desember 2016," ujar Arief yang juga merupakan jurnalis Pontianak Post.

Arief menambahkan, proses pemilihan foto tersebut, memakan waktu yang cukup panjang. Karena setiap anggota PFI Pontianak yang berjumlah 11 pewarta foto ini ingin menampilkan karya terbaik mereka untuk khalayak.

Dalam pameran tersebut, dibagi menjadi 6 kategori foto, yaitu Daily Life, Nature & Environment, Art-Culture-Entertainment, General News, Sport dan Spot News, yang merupakan representasi dari peristiwa yang pernah terjadi di berbagai belahan Kalimantan Barat.

"Karya yang ditampilkan ini, 90 persen berbeda dengan foto yang dipamerkan dalam `road show` sebelumnya," kata Arief.

Sementara itu, Ketua PFI Pontianak, Leo Prima memaparkan, momentum yang digelar ini, sekaligus sebagai rangkaian ulang tahun ke-2 berdirinya PFI Pontianak pada 21 Desember 2014. Momentum rangkaian pembuka "road show" sebelumnya juga bertepatan dengan HUT ke-245 kota Pontianak pada 23 Oktober 2016.

"Dalam pameran ini, kita ingin menampilkan rekaman sisi lain peristiwa yang pernah terjadi di Kalbar dalam kurun waktu antara tahun 2009 hingga 2016," kata Leo.

Pameran foto ini rencananya dibuka oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji dalam seremonial yang dimulai pukul 19.00 WIB.

"Dengan segala kerendahan hati, kami juga mengundang masyarakat Kalbar, khususnya Pontianak untuk menyaksikan rangkaian pameran foto jurnalis terbesar di Kalbar ini mulai tanggal 15 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017 di Aston Hotel, secara terbuka dan gratis," kata Leo.


Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016