Pontianak (Antara Kalbar) - Mantan Bupati Sintang Milton Crosby menilai pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kalimantan Barat sangat penting mengingat sejumlah persoalan dalam pembangunan khususnya di lima kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

  "Pembentukan DOB itu penting karena dapat mengakselerasi pembangunan baik itu rentang kendali, pelayanan maupun daya saing sehingga dapat dimaksimalkan. Apalagi Kalbar yang luasnya setara satu setegah dari Pulau Jawa," ujar Milton Crosby saat dihubungi di Pontianak, Rabu.

   Ia menambahkan apabila ada DOB, maka daerah tersebut dapat meningkatkan kemampuannya dalam memperhatikan hak-hak dari masyarakat lokal.

   Selanjutnya bisa tercapainya political equality, yaitu akan lebih membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas politik di tingkat lokal.

   "Kemudian bisa juga mewujudkan a local government responsiveness, yaitu menguatnya kepekaan pemerintah daerah terhadap kebutuhan masyarakatnya dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di daerah," kata dia.

  Ia menjelaskan dengan pembentukan DOB dilihat dari sspek keuangan negara dapat mewujudkan keadilan perimbangan keuangan daerah dan pusat sehingga kesejahteraan dan pembangunan secara maksimal dirasakan masyarakat.

    "Dari aspek investasi, guna memberikan peluang daerah mendapatkan investor secara langsung baik asing maupun domestik guna mendukung pengembangan daerah," kata dia.

    Terkait pembentukan Provinsi Kapuas Raya menurutnya saat ini segala persyaratan dan kebutuhan lainnya sudah maksimal dan tinggal kemauan pemerintah pusat untuk segera membentuk provinsi Kapuas Raya tersebut.

    "Untuk Kalbar dengan luas yang ada dan jumlah penduduk yang ada idealnya paling tidak ada tiga provinsi dan 25 kabupaten. Semoga Kapuas Raya segera terealisasi," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016