Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali meresmikan 60 Surau untuk sekolah yang ada di sejumlah kecamatan di kabupaten itu.

"Pembangunan Surau di sejumlah sekolah di Kubu Raya adalah sebagai penyediaan sarana bagi implementasi Muatan Lokal Keagamaan di Kabupaten Kubu Raya," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Rusman Ali menjelaskan bahwa program muatan lokal (mulok) keagamaan merupakan bentuk nyata dari perwujudan program revolusi mental secara nyata dalam dunia pendidikan. Sebagai bentuk perhatian terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Kubu Raya.

Salah satu poin mulok keagamaan adalah mewajibkan guru membawa seluruh siswanya untuk salat berjamaah di Surau di sekolah yang dipandu oleh guru dan kepala sekolahnya.

Untuk mendorong program tersebut perlu adanya sarana, sehingga program pembangunan seribu surau di Kubu Raya menjadi sejalan dengan program mulok Keagamaan.

"Kita telah programkan pembangunan 1.000 Surau di Sekolah di Kubu Raya, yang mana saat ini sudah terbangun kurang lebih 100 Surau sejak tahun 2015. Pada tahun 2016 ini sudah terbangun 60 Surau yang hari ini kita resmikan sekaligus," terang Rusman Ali.

Rusman Ali mengharapkan dengan ketersediaan sarana bagi pembangunan mental spiritual anak-anak didik di sekolah di seluruh Kubu Raya. Yang diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pembangunan spiritual dan mental anak-anak juga di luar sekolah.

"Dengan terbangunnya mental dan spiritual anak-anak kita di sekolah, yang kita mengharapkan berdampak baik juga bagi kehidupan anak-anak di luar sekolah. Dengan kebiasaan baik yang ditanamkan di sekolah mulai dari salat berjamaah di surau bersama guru dan anak-anak akan berdampak positif ketikan anak-anak kita ada di luar sekolah," kata Rusman Ali.



Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016