Sukadana (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara akan membangun rumah sakit dengan anggaran sebesar Rp43 miliar yang bersumber dari Kementerian Kesehatan.
    "Selain untuk bangunan, juga untuk alat-alat kesehatan penunjang rumah sakit," kata Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Kayong Utgara, Agus Rudi Suandi.
    Ia melanjutkan, rumah sakit yang akan dibangun itu merupakan rumah sakit pratama tipe D sekaligus yang pertama di Kabupaten Kayong Utara.
    "Selama sembilan tahun Kayong Utara menginduk RS Agoes Djam Ketapang yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Sukadana," ujar dia. Rumah sakit tersebut nantinya juga akan memiliki sejumlah dokter spesialis.
    Saat ini proses yang dilakukan adalah lelang. Adapun dokter spesialis yang disiapkan adalah anak, kandungan, gigi dan bedah. Para dokter spesialis tersebut nantinya akan terus bertambah jumlah serta spesialisasinya, seperti penyakit dalam dan spesialis lainnya.
   Ia berharap, pengoperasian rumah sakit tersebut ditargetkan sudah siap pada akhir 2017 mendatang atau paling lambat 2018 semua fasilitas sudah dapat difungsikan
    Terkait tenaga medis, ia tidak khawatir akan kekurangan tenaga medis karena saat ini petugas di Puskesmas Sukadana, Melano dan Siduk akan ditarik untuk mengisi kebutuhan tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut
    "Paramedis sudah kita siapkan, tinggal masuk saja," kata Agus Rudi Suandi.
    Namun demikian, ia tetap berharap dukungan serta doa seluruh masyarakat di Kayong Utara agar rumah sakit segera rampung dan tidak ada halangan dalam proses pembangunannya, serta semua dapat memberikan pelayanan yang terbaik.
   "Jika sudah beroperasi, kita tidak lagi merujuk ke Ketapang, cukup ke rumah sakit kita, jikapun perlu pelayanan tingkat lebih tingi, kita tinggal rujuk ke Pontianak," ujar dia.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017