Pontianak (Antara Kalbar) - PT Pertamina (Persero) Wilayah Kalimantan menyatakan, hingga saat ini sudah terjual sebanyak 15.000 tabung bright gas ukuran 5,5 Kg di Provinsi Kalimantan Barat.

"Sejak diluncurkannya bright gas 5,5 Kg (non subsidi) 22 November 2016, tercatat sudah terjual sebanyak 15 ribu tabung gas ukuran 5,5 kilogram di Kalbar," kata Sales LPG Pertamina Kalbarteng, Ahmad Ubaidillah di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, ada kenaikan permintaan yang cukup signifikan atas gas non subsidi tersebut dalam tiga bulan terakhir ini di Kalbar.

"Kami menargetkan semaksimal mungkin untuk penjualan gas non subsidi tersebut. Terutama kami mengajak para konsumen rumah tangga mampu dan warung makan kategori usaha kecil yang masih menggunakan gas subsidi atau gas tabung tiga kilogram untuk beralih ke gas tabung 5,5 kilogram atau tabung 12 kilogram," ujarnya.

Ia optimistis, masyarakat rumah tangga mampu dan warung makan kategori usaha kecil akan beralih bright gas 5,5 kilogram, karena lebih terjangkau dan ekonomis.

Sebelumnya, Domestic Gas Region Manager Pertamina wilayah Kalimantan, Hardiyanto Tato saat sosialisasi bright gas 5,5 kilogram di Kabupaten Kayong Utara mengatakan, minat masyarakat untuk menggunakan bright gas 5,5 kilogram di Kalbar cukup tinggi, karena harganya yang terjangkau, yakni Rp70.000/tabung di Kayong Utara.

Ada tiga kelebihan bright gas 5,5 Kg bagi konsumen. Pertama, ada fitur katup ganda sehingga dua kali lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung.

Kedua, fitur keamanan diperkuat dengan adanya tambahan segel resmi Pertamina yang dilengkapi dengan hologram yang tidak dapat dipalsukan sehingga bebas dari pengoplosan. Fitur ini hampir sama dengan teknologi yang digunakan dalam benang pengaman uang kertas dan dokumen-dokumen berharga lainnya.

Ketiga, dengan total berat termasuk isi hanya sekitar 12,6 kilogram, menjadikannya lebih ringan dari segalon air mineral, dan mudah diangkat oleh ibu rumah tangga.

Bright gas 5,5 Kg pertama kali diluncurkan, 23 Oktober 2015, saat ini sudah tersedia di lebih dari 150 kabupaten/kota. Untuk wilayah Kalbar terdapat 10 agen non subsidi yang menjual bright gas 5,5 kilogram.

(A057/A029)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017