Putussibau (Antara Kalbar) - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Kadri mengatakan potensi ikan air tawar di wilayah Kapuas Hulu cukup menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan daerah setempat.

"Satu-satunya Balai Benih Ikan Kapuas Hulu menjadi kebanggAan kita, apalagi itu berada di kabupaten yang berbatasan langsung dengan perbatasan Indonesia - Malaysia," kata Kadri di Putussibau, Jumat.

Ia menjelaskan Kapuas Hulu memiliki bermacam ragam spesies ikan air tawar yang tidak semua daerah memilikinya, bahkan di Kota Pontianak ikan konsumsi asal Kapuas Hulu banyak diminati.

" Kita baru berbicara ikan konsumsi, apalagi jika kita berbicara ikan arwana yang memang berasal dari Kapuas Hulu dengan kualitas yang sangat tinggi diminati hingga mancanegara," jelas Kadri.

Dirinya meminta Pemerintah Pusat mendukung dan memperhatikan pengembangan potensi ikan di Kapuas Hulu sebab Kapuas Hulu merupakan kabupaten berbatasan langsung dengan Malaysia.

Sementara itu berdasarkan data dari Balai Benih Ikan Klansin Kecamatan Mentebah, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, selama tahun 2016 Kapuas Hulu memproduksi sebanyak 193.968 ekor.

Bahkan Balai Benih Ikan Kapuas Hulu bekerja sama dengan Balai Penelitian Ikan Hias Depok dan Balai Benih Ikan Air Tawar Bogor, kerja sama tersebut hingga saat ini masih dilaksanakan.

(KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017