Kayong Utara (Antara Kalbar) - Saluran irigasi persawahan Dusun Begasing Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten kayong Utara jebol karena tidak mampu menahan derasnya air hujan sehingga petani khawatir kekurangan air pada saat musim tanam.

"Sudah sekitar satu bulan saluran irigasi ini jebol, untung saja kami sudah selesai panen, jadi tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil panen para petani kali ini," ujar salah seorang warga yang rumahnya didekat lokasi jebolnya saluran irigasi sawah, Suwiti.

Menurutnya, saluran irigasi tersebut merupakan saluran satu satunya yang bisa mengaliri air ke sawah-sawah petani yang sumber airnya dari Kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

"Airnya berasal dari bendungan DAM Begasing, selama ini airnya mengalir dengan baik sampai ke ladang ladang masyarakat, kami khawatir jika tidak segera diperbaiki akan berdampak buruk terhadap pekerjaan masyarakat disini," ungkap ibu yang lebih akrab di sapa Nengah Suwiti ini.

Saat ini menurutnya, para petani hanya bisa pasrah dengan kondisi lahan pertanian mereka dan berharap pemerintah bisa segera memperbaiki saluran irigasi yang jebol tersebut.

"Petani saat ini tidak tahu berbuat apalagi, hanya bisa menunggu bantuan dari Pemda setempat agar segera memperbaiki saluran irigasi mereka yang sangat berpengaruh terhadap lahan petaninya," ujarnya.

Hal serupa juga dikeluhkan oleh petani setempat Komang. Menurutnya, Dusun Begasing merupakan lumbung padi terbesar di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang.

Dengan rusaknya saluran irigasi petani disana akan sangat berpengaruh terhadap hasil panen para petani yang sebagian besar masyarakatnya menggantungkan penghasilannya di bidang pertanian.

"Setiap kali panen kita selalu lebih, karena petani disini pertaniannya cukup luas, sehingga pemasarannya tidak hanya di Kabupaten kayong Utara namun juga sampai Kabupaten Ketapang," jelasnya.

Pemuda asli penduduk setempat yang juga bertani ini juga sangat berharap pemerintah setempat segera memperbaiki saluran irigasi yang saat ini rusak berat. Sehingga petani yang berada diujung Desa Sedahan Jaya ini bisa mendapatkan hasil panen yang diharapkan.

"Kemarin kita sudah mengajukan kepada pemerintah setempat terkait jeboln irigasi petani disini, semoga secepatnya bisa diperbaiki oleh pemda setempat," harapnya.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017