Oleh Rendra Oxtora



Sungai Raya, 19/2 (Antara) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan pihaknya terus mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kubu Raya hingga mencapai target tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat.

"Hal itu sejalan kebijakan mempercepat pembangunan di Kubu Raya dan kami fokus untuk membenahi birokrasi Kubu Raya, pembangunan infrastruktur baik jalan maupun fasilitas umum seperti sekolah dan puskesmas," katanya di Sungai Raya, Minggu.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya juga mempermudah pelayanan dengan membuat regulasi pengurusan ijin yang mudah, cepat, transparan dan akuntabel.

Bahkan sebagian besar ijin di Kubu Raya di gratiskan dan dilimpahkan ke kecamatan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakannya, tepat pada tanggal 17 Februari 2017, duet Kepemimpinan Bupati Rusman Ali dan Wakil Bupati Hermanus genap berusia 3 tahun pengabdian di Kubu Raya.

Selama tiga tahun memimpin Kubu Raya Rusman Ali dan Hermanus telah berhasil menorehkan berbagai prestasi bagi Kubu Raya dan yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa Rusman Ali dan Hermanus telah mampu

"Pada prinsipnya saya dan pak Hermanus ingin supaya pembangunan berjalan cepat dan lancar, ijin-ijin kita mudahkan, sebagian kita limpahkan ke Kecamatan," ucapnya.

Hal ini kita lakukan agar masyarakat kita cukup ngurus ijin-ijin tertentu di Kecamatan dan ini untuk mendekatkan rentang kendali pelayanan kepada masyarakat, sehingga dilakukan inovasi-inovasi pelayanan.

Disamping itu, Rusman Ali

-Hermanus juga sudah menuntaskan pembangunan infrastruktur jalan poros di seluruh Kubu Raya, hingga tahun 2016 sudah mencapai 60 persen pembangunan infrastruktur jalan poros dan akan terus dilanjutkan hingga tuntas seluruh wilayah Kubu Raya.

Rusman Ali dan Hermanus menyadari betul bahwa Jalan Poros adalah sebagai urat nadi bagi perekonomian masyarakat. Untuk itu, sejak awal Rusman Ali dan Hermanus menggenjot terus pembangunan jalan poros di Kubu Raya.

Mengingat jalan-jalan poros sudah mencapai 60 persen, Rusman Ali dan Hermanus berupaya meningkatkan dan menuntaskan pembangunan jalan lingkungan di Kubu Raya melalui program imbal swadaya yang akan mulai digulirkan tahun 2017.

"Kita menyadari bahwa jalan merupakan urat nadi bagi perekonomian masyarakat Kubu Raya. Dengan kita membangun jalan poros akses masyarakat menjadi terbuka dan mudah, kemudian pertumbuhan ekonomi masyarakat kita terjadi," katanya.

Disamping itu, tanpa disadari ternyata pembangunan jalan poros yang kita lakukan dinilai banyak pihak termasuk Kemenkumham sebagai salah satu langkah pemenuhan hak masyarakat kita, yang mengantarkan kita menjadi Kabupaten peduli HAM dua tahun berturut-turut.

"Untuk jalan lingkungan, melalui undang-undang Desa, hal itu menjadi kewenangan Desa. Namun kita melakukan terobosan dengan program imbal swadaya, ini kita lakukan untuk mendorong percepatan pembangunan dan kemajuan masyarakat Kubu Raya," kata Rusman Ali.

Untuk mewujudkan pelayanan yang inovatif kepada masyarakat Kubu Raya, Rusman Ali telah melakukan reformasi birokrasi dengan pembinaan terus menerus dan meningkatkan disiplin pegawai.

(KR-RDO/M019)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017