Sukadana (Antara Kalbar) - Potensi perairan di Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, semakin dilirik pedagang untuk menampung ikan-ikan yang laku di pasaran Jakarta serta ekspor.

Hasanuddin, Kepala Desa Betok Jaya, Karimata mengatakan saat dihubungi di Pontianak, Selasa, saat ini banyak pengumpul ikan yang datang ke Karimata berburu ikan ekspor yang banyak dijumpai di daerah tersebut.

"Beberapa nelayan lokal yang menggunakan bubu sebagai alat tangkap sering mendapatkan ikan-ikan karang yang memiliki nilai ekonomis tinggi," kata Hasanuddin.

Dijelaskannya, ikan-ikan tersebut menjadi harapan baru bagi para nelayan untuk lebih bersemangat dalam menangkap ikan yang memiliki nilai tinggi.

Beberapa jenis ikan yang memiliki pasaran ekspor hingga ke Malaysia dan Singapura tersebut diantaranya kerapu sunu, lobster, tenggiri, teripang dan lainnya

Diceritakan Aliong, salah satu penampung ikan lokal yang biasa menampung ikan di Pulau Karimata menjelaskan, sampai saat ini ikan-ikan lokal Kayong Utara memiliki pangsa pasar yang cerah.

"Ikan-ikan yang memiliki prospek ekspor diantaranya ikan kerapu, lobster, teripang, tenggiri dan juga ikan-ikan karang lainnya, namun ikan-ikan ini tidak boleh cacat secara fisik atau bahkan busuk," kata Aliong.

Ikan yang ditangkap atau di budidaya oleh para nelayan lokal sebagian mendapat tempat yang istimewa dalam pengolahannya, karena harus dikemas dalam kondisi baik. Ikan-ikan yang tidak lolos seleksi kualitas akan dipasarkan di pasar lokal seperti Belitung dan Jakarta.

"Ikan yang berpeluang ekspor harganya lumayan, jauh diatas harga ikan yang dijual di pasar lokal," sambung Aliong.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017