Pontianak (Antara Kalbar) - Polres Singkawang akan menggelar "Operasi Simpatik Kapuas 2017" selama 21 hari yang dipusatkan di wilayah hukum Polres kota setempat.

"Operasi Simpatik Kapuas ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, yang dimulai dari tanggal 1-21 Maret 2017," kata Kasat Lantas Polres Singkawang, IPTU Fauzan, Selasa.

Yang menjadi sasaran dari Operasi Simpatik Kapuas ini, kata Fauzan, khusus di Kota Singkawang, adalah yang berkaitan dengan pendidikan masyarakat (Ditmaslantas) ataupun berkaitan dengan pendidikan edukasi.

"Baik kepada pelajar maupun masyarakat secara umum," ujarnya.

Sehingga, dalam giat ini pihaknya akan sering melaksanakan kegiatan Dikmas di sekolah-sekolah (Police Goes to School).

Didalam kegiatan ini juga, pihaknya akan menggandeng Singkawang Grand Mall untuk memberikan sosialisasi secara bersama-sama yang dinamakan dengan Police Get Academy.

"Dalam hal ini dari Singkawang Grand Mall juga sangat mendukung, dan nanti akan kita jadikan program tahunan terkait dengan kegiatan edukasi lalu lintas," tuturnya.

Sehingga, jajaran Satlantas Polres Singkawang akan melakukan kegiatan yang sifatnya lebih kepada kegiatan simpatik, tujuannya adalah selain memberikan pemahaman tentang lalu lintas, pihaknya juga mengajak kepada masyarakat untuk ikut tertib dalam berlalu lintas.

"Artinya, kesadaran bisa tumbuh atau datang dari masyarakat itu sendiri," katanya.

Intinya, lanjut Fauzan, dalam giat operasi simpatik nanti, pihaknya akan mengedepankan kegiatan preemtif.

Disamping itu, pihaknya juga akan turun ke jalan, untuk melakukan Baksos berupa perbaikan jalan-jalan berlubang, yang semata-mata untuk keselamatan pengendara.

"Apalagi di musim hujan sekarang ini, sangat berpotensi sebagai salah satu penyebab faktor kecelakaan," katanya.

Dalam Baksos ini, pihaknya juga akan menggandeng masyarakat Kota Singkawang, secara swadaya untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang simpatik selama operasi tersebut.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017