Sukadana (Antara Kalbar) - DPRD Kabupaten Kayong Utara mendukung rencana program pengembangan pariwisata di Kepulauan Karimata sebagai salah satu upaya untuk menggerakan perekonomian daerah.
   
Menurut anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Kayong Utara, Effendi Ahmad di sela kegiatan kunjungan kerja di Kepulauan Karimata, pengembangan sektor kepariwisataan di Kepulauan Karimata merupakan salah satu bentuk respon cepat Pemerintah Kabupaten dalam mempercepat perputaran roda perekonomian.
   
"Ini merupakan salah satu peluang meningkatkan pendapatan asli daerah serta memberikan dampak langsung kepada masyarakat sekitar untuk bertransaksi kepada para pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung di Kepulauan Karimata," ujar dia.
   
Diakuinya saat ini di Kabupaten Kayong Utara masih sedikit potensi wisata yang dikelola dengan serius oleh pemerintah Kabupaten Kayong Utara
   
Ia menambahkan, dengan adanya penjajakan, studi bahkan kajian ilmiah yang dilakukan oleh akademisi dari Institut Teknologi Bandung baru-baru ini di Kepulauan Karimata membuktikan keseriusan Pemerintah Kabupaten dalam mengelola kawasan pariwisata untuk pengembangan di masa yang akan datang.
   
"Sejatinya dengan adanya upaya serius pihak eksekutif menata dan mengelola potensi potensi wisata di Kayong Utara termasuk di Kepulauan Karimata yang sampai saat ini masih belum dikelola maksimal DPRD sangat mendukung dan kedepan dukungan tersebut akan direalisasikan dalam bentuk persetujuan anggaran kebijakan dan sejenisnya dengan muara percepatan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Kayong Utara," kata Effendy Ahmad.
   
Selain bentuk dukungan DPRD Kabupaten Kayong Utara juga mengharapkan pemerintah melalui SKPD terkait untuk mempersiapkan masyarakat menjadi masyarakat yang siap menyambut dan menjadi masyarakat yang sadar wisata.
   
Infrastruktur penunjang untuk kenyamanan para wisatawan juga mutlak harus segera direalisasikan karena tidak mungkin para pengunjung akan merasa nyaman jika infrastruktur penunjang masih sulit dijumpai oleh wisatawan.
   
"Masyarakatnya sudah siap infrastruktur juga siap didukung dengan promosi yang maksimal bukan tidak mungkin ke depan Kayong Utara terlebih kepulauan Karimata menjadi salah satu tujuan wisata dunia," jelasnya.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017