Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Kepolisian Resor Kota Pontianak, Komisaris Besar Polisi, Iwan Imam Susilo, Sabtu (4/3) siang tadi menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke ruang tahanan yang ada di Markas Polresta Pontianak.

"Hari ini saya pimpin sendiri dalam rangka menciptakan keamanan markas komando Polresta Pontianak. Sidak juga untuk memeriksa langsung kondisi ruangan dan para tahanannya," katanya di Pontianak, Sabtu.

Kombes (Pol) Iwan mengatakan sidak merupakan kegiatan rutin untuk memastikan keamanan lingkungan Polresta Pontianak, termasuk di ruang tahanan.

Ia menambahkan pemeriksaan rutin ruang dan para tahanan ini dimaksudkan untuk mengecek apakah di ruang tahanan itu ada barang-barang yang membahayakan jiwa orang lain atau adanya peralatan-peralatan yang bisa dipergunakan untuk tahanan melarikan diri.

"Itu penting rutin kami lakukan untuk mengecek kondisi di dalam ruang tahanan. Termasuk mengecek kemungkinan ada benda tajam yang di khawatirkan digunakan untuk kelahi antar sesama tahanan dan peralatan-peralatan yang dimungkinkan digunakan tahanan untuk bunuh diri demi keamanan para tahanan," paparnya.

Kapolres mengatakan hal itu khususnya kepada tahanan pelaku Curat, Curas dan Curanmor. "Tiga pelaku ini sangat meresahkan dan membawa korban masyarakat. Dalam rangka, kami menciptakan Kantibmas. Masyarakat Kota Pontianak sangat cemas dengan tiga jenis kejahatan ini," katanya.

Untuk mewujudkan kondisi Kantibmas yang baik, kata Kombes (Pol) Iwan pihaknya akan program bekerjasama dengan Wali Kota Pontianak, Perbankan dan lembaga permasyarakatan, MUI dan Kejaksaan.

"Tahun 2017 ini program kerja sama ini akan kami tanda tangani MoU nya dan Wali Kota sudah menyetujui. Dimana intinya, program ini diharapkan bagaimana caranya para pelaku yang ada di tahanan ini tidak mengulang perbuatannya atau menjadi resedivis usai menjalankan hukumannya dan kembali ke masyarakat," tutur dia.

Pewarta: Dedi dan Slamet

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017