Sungai Raya (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Hermanus mengharapkan seluruh pemerintah desa di Kubu Raya dapat terus melakukan inovasi dalam pembangunan demi menuju desa mandiri.

"Saya harapkan, kepala desa bisa melakukan inovasi pelayanan dan inovasi pembangunan dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Tentunya hal itu harus dilakukan bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, sehingga hasil dari lomba Desa membawa desa-desa kita di Kubu Raya menjadi Desa Mandiri," kata Hermanus, saat melakukan peninjauan terhadap Desa Kampung Baru, Kecamatan Kubu, dalam penilaian lomba Desa 2017 tingkat kabupaten Kubu Raya, Senin.

Dia menjelaskan, dengan inovasi yang ada, pemerintah desa diharapkan mampu menciptakan desa mandiri yang dapat mencerminkan kemauan masyarakat Desa yang kuat untuk maju, dihasilkannya produk/karya Desa yang membanggakan dan kemampuan Desa memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Pembangunan dan pemberdayaan Desa diharapkan mampu melahirkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas adalah konsep mengenai perkuatan dan kontribusi yang disumbangkan oleh sektor ekonomi nyata. Sektor ekonomi nyata yang tumbuh dan berkembang dari bawah karena dukungan ekonomi rakyat di Desa," katanya.

Dikatakannya, desa Kampung Baru menjadi wakil Kecamatan Kubu dalam lomba Desa 2017. Dia berharap, lomba desa harus dijadikan sebagai sarana untuk memacu pembangunan di Desa menuju Desa Mandiri.

"Lomba Desa ini harus dijadikan sebagai saranan pemacu dan pendorong percepatan pembangunan Desa menuju Desa Mandiri. Sebab dalam lomba Desa juga dilihat bagaimana ketertiban administrasi di Desa, bagaimana partisipasi dari masyarakat dalam kegiatan pembangunan dan lain sebagainya," tuturnya.

Hermanus mengatakan sebagai Desa tertua di Kecamatan Kubu, Kampung Baru semestinya sudah menjadi Desa yang mandiri. Dirinya juga mengharapkan dengan semakin besarnya anggaran di Desa dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan pembangunan Desa.
(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017