Singkawang (Antara Kalbar) - Kasdim 1202/SKW Mayor Czi Mulyana Ramdani membuka Latihan Teknis Teritorial (Latnister) di lapangan Makodim kota setempat, Selasa. 

"Pelaksanaan Latnister bagi personel diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis aparat teritorial terutama Babinsa agar memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan," kata Mulyana Ramdani.

Menurutnya, Latnister merupakan program satuan yang dilaksanakan setiap tahun untuk memelihara dan meningkatkan teknis bagi satuan kewilayahan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas kewilayahan.

"Mereka harus mampu mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial, untuk menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan negara," tuturnya.

Latihan Teknis Teritorial ini, terangnya, diikuti sebanyak 100 personel terdiri dari Danramil, para perwira, staf dan para Babinsa dengan pelaksanaan selama lima hari ke depan, dari tanggal 13 sampai 17 Maret 2017.

Adapun materi yang disampaikan kepada peserta latihan, sebutnya, yaitu lima kemampuan teritorial dan sikap ter.

"Pelaksanaan Latnister juga diharapkan dilaksanakan dengan penuh semangat, sehingga prajurit mempunyai kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan," katanya.

Mengingat pentingnya latihan itu, serta terbatasnya waktu latihan yang ada, diharapkan baik pelatih dan peserta dapat mengikuti latihan dengan seksama agar hasilnya dapat maksimal.

"Karena dengan latihan yang sungguh-sungguh maka tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik dan benar, mengingat tugas kedepan tidaklah mudah," pungkasnya.

Sehingga, lanjutnya, dengan bekal latihan prajurit, TNI bisa bertugas dengan lebih profesional. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017