Sungai Raya (Antara Kalbar) - Menpan RB Asman Abnur mengharapkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di kabupaten Kubu Raya bisa meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya dengan terus berinovasi memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

"Kubu Raya memiliki potensi untuk menjadi daerah yang maju, sehingga ini harus bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dalam mempercepat kemajuan itu dalam mensejahterakan masyarakat. Untuk mewujudkan hal itu, tentu kapasitas ASN yang ada harus terus ditingkatkan," kata Abnur saat melakukan kunjungan kerja di kabupaten Kubu Raya, Selasa.

Dia mengatakan, dirinya ingin ASN ke depan memiliki kualifikasi tertentu, mengingat Indonesia merupakan negara yang sangat besar sehingga kita membutuhkan ASN yang memiiki kopetensi, keahlian, kemampuan, inovasi dan semangat tinggi ungtuk mengelola negara ini.

"Jadi negara ini tidak boleh lagi dikelola dengan cara model lama. Jika kita ingin bersaing dengan negara tetangga, maka ASN kita tidak boleh kalah dengan ASN yang ada di negara-negara lainnya. Makanya, saya selalu mengatakan, ASN kita ke depan harus memiliki kemampuan tinggi, tidak boleh kalah kepitarannya dari pengusaha, karena yang membantu mengatur negara ini adalah ASN," tuturnya.

Terkait hal itu, dirinya bertekad untuk memperbaiki kinerja ASN agar negara kita memiliki harkat dan martabat yang lebih baik.

"Untuk itu, jangan ada lagi ASN yang datang absen ke kantor, dan setelah itu pergi ngopi. Mental seperti ini jelas harus dihilangkan," katanya.

Dirinya juga mengingatkan agar pejabat eselon II harus menjadi motor perubahan bagi jajarannya, sehingga hal yang harus dimiliki oleh pejabat eselon II harus mampu membuat terobosan pada instansi yang dipimpinnya.

"Pejabat yang ada harus mampu mensinkronkan antara program dengan kegiatan yang ada pada setiap instansinya, karena sampai saat ini masih banyak ASN yang menangani bidang teknis, namun masih belum bisa mensinkronkan antara program dengan kegiatan rill di lapangan," kata Abnur.
(U.KR-RDO/E001)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017