Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 250 perwira TNI yang tersebar di wilayah Kodam XII/TPR mengikuti apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD tahun 2017 di Makorindam XII/TPR.

"Kegiatan apel Dansat ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan," kata Danrindam XII/TPR, Kolonel Inf Khairul Anwar, Selasa.

Sebelumnya, kegiatan apel Dansat sudah dilakukan di Pussenif Bandung dengan materi yang sama. Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk persamaan persepsi serta mengikuti kebijakan komando atas sampai ke bawah.

"Sehingga apa yang di perintahkan oleh komando atas, seperti jago tembak, jago perang, jago bela diri, prima dan disiplin yang tinggi. Ditambah kebijakan dari Pangdam yang menginginkan setiap TNI harus melaksanakan tugas secara rutin di daerah masing-masing," ujarnya.

Intinya, kata Khairul, TNI harus handal. Sebagaimana dengan slogannya, bahwa TNI hadir bersama rakyat, TNI kuat, profesional, dan tangguh.

Dalam kesempatan itu, Irdam XII/TPR, Kolonel Inf Sudarmadi, yang membuka kegiatan tersebut, dalam amanatnya mengatakan, dilaksanakannya apel Dansat ini guna menyamakan cara pandang dalam upaya peningkatan pembinaan satuan dan kepemimpinan lapangan yang menjadi tanggung jawab Dansat.

"Melalui Apel Dansat ini diharapkan diperoleh kesamaan pola tindak dan sikap seluruh personel terhadap kebijakan pimpinan," katannya.

Dikatakan dia, bahwa beberapa sasaran dilaksanakannya apel Dansat tersebut, antara lain, terwujudnya pemahaman Dansat terhadap pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD, meningkatkan pemahaman tentang kepemimpinan lapangan para Dansat dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok.

"Sehingga terwujud pemikiran baru, meningkatnya kepedulian dan moralitas serta meningkatnya peran profesionalitas dalam setiap pelaksanaan tugas," ungkapnya.

Selain itu, peserta juga akan diberikan beberapa materi yang berguna dalam meningkatkan kinerja dalam bertugas. "Saya berharap melalui apel Dansat ini setiap peserta dapat saling bertukar pengalaman," katanya.

Beberapa materi yang akan diberikan dalam kegiatan apel Dansat tersebut, diantaranya materi tentang ceramah, teori kepemimpinan, ceramah motivasi, diskusi dan peragaan renang taktis.

"Saya berharap semua peserta berbagi pengalaman sekaligus saling memberikan solusi terbaik untuk memecahkan suatu permasalahan yang terjadi di satuannya," katanya.

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017