Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala seksi Bimas Islam, Kementerian Agama Kota Singkawang, Muchlis mengatakan pihaknya masih menunggu ketetapan pemerintah pusat mengenai jatuhnya 1 Ramadhan 1438 Hijriyah.

"Kita masih menunggu ketetapan dari pemerintah pusat mengenai jatuhnya 1 Ramadhan," kata Muchlis, di Singkawang, Rabu.

Untuk itulah, dia meminta kepada masyarakat muslim untuk bersabar menunggu ketetapan 1 Ramadhan.

Muchlis menyebutkan, jika berdasarkan perhitungan Muhammadiyah, bahwa 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017.

"Namun, untuk umat muslim diharapkan untuk dapat menunggu sidang Isbat Menteri Agama, guna mengetahui 1 Ramadhan," katanya.

Terjadi perbedaan atau tidak, dirinya belum bisa memastikan. Kalaupun memang terjadi perbedaan, dirinya yakin jika masyarakat Singkawang sudah sangat dewasa untuk menyikapi perbedaan itu.

"Insya Allah tidak tidak akan terjadi apa-apa," katanya.

Sambil menunggu ketetapan dari pemerintah pusat, dirinya mengimbau agar umat muslim segera mempersiapkan diri guna menyambut bulan suci Ramadhan.

"Mengingat sekarang ini sudah memasuki bulan Rajab dan sebentar lagi bulan Syaban, saya imbau masyarakat muslim segera mempersiapkan diri untuk meningkatkan amaliah-amaliah sehingga begitu memasuki Ramadhan, kita sudah siap untuk melaksanakan amalan-amalan Ramadhan," pesannya.

Begitu memasuki bulan Ramadhan, tambahnya, kita sudah siap dalam segalanya, seperti siap jiwa dan raganya, menjaga hati dan perasaan, sehingga ibadah puasa bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017