Sukadana (Antara Kalbar) - Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara, masih kekurangan infrastruktur yang harus segera direalisasikan guna mengejar ketertinggalan dan pemerataan pembangunan.

Misalnya infrastruktur dasar yakni jalan penghubung dari kecamatan ke kecamatan lain dan antara desa ke ibu kota kecamatan, kata Ketua DPRD Kabupaten Kayong Utara Sukardi usai kunjungan kerja di Pulau Maya.

Ia melanjutkan, infrastruktur yang dinanti warga diantaranya jalan penghubung antara Dusun besar dan Dusun kecil ke ibukota Kecamatan Pulau Maya serta jalan penghubung dari Kecamatan Pulau Maya ke Kecamatan lain di Kabupaten Kayong Utara melalui akses Kecamatan Teluk Batang

"Keberadaan jalan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan perekonomian di wilayah kecamatan Pulau Maya karena jika akses jalan tersebut dibuka maka beberapa roda perekonomian akan berputar lebih cepat," kata Sukardi.

Kecamatan Pulau Maya merupakan salah satu kecamatan tertua di Kabupaten Kayong Utara. Namun beberapa akses jalan penghubung hingga Kabupaten Kayong Utara hampir berusia 10 tahun belum juga terealisasi.

Menurut Sukardi, dengan dibangunnya akses jalan tersebut masyarakat akan dengan mudah menjual hasil bumi ke daerah-daerah lain di luar pulau Maya sehingga memicu peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Selain infrastruktur jalan, masyarakat di kecamatan Pulau Maya juga berharap ketersediaan transportasi laut yang memadai baik dari sisi keselamatan, kecepatan serta kenyamanan.

Seperti diketahui belum tersedianya infrastruktur jalan melalui jalur darat masyarakat di kecamatan Pulau Maya saat ini hanya menggunakan akses transportasi laut berupa kapal motor dan speed boat

"Pemerintah diharapkan dapat menyediakan transportasi laut berupa kapal yang nyaman aman serta kecepatan yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mobilisasi baik penumpang dan barang hasil bumi masyarakat kecamatan Pulau Maya," demikian Sukardi.


Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017