Sukadana (Antara Kalbar) - Persiapan menjelang pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) XXIV se-Kalbar yang digelar di Kabupaten Kayong Utara pada 9-14 mei  mendatang sudah mencapai 90 persen. 

"Untuk persiapan STQ, Insya Allah  sudah 90 persen persiapannya. Mulai dari susunan acara bahkan petugas-petugas yang ditunjuk sudah melakukan persiapan masing-masing, buku panduan sudah kita kirim ke provinsi, juga dari setiap kabupaten sudah mengirimkan nama-nama kafilahnya," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara Hilaria Yusnani.

Menurut Hilaria, terlihat juga dari kesiapan panitia dalam menyiapkan tempat tinggal kafilah-kafilah dari 13 kabupaten yang direncanakan menggunakan rumah penduduk sekitar.

"Homestay (untuk kafilah) sudah ready, hotel juga kita sudah kita informasikan jauh-jauh hari sebelumnya," jelasnya. 

Untuk Pantai Pulau Datok sendiri yang menjadi tempat berlangsungnya acara pembukaan sekaligus acara puncak STQ  ke- XXIV saat ini sedang dalam tahap penataan dekorasi interior dan tapak tenda yang direncanakan pada 26 April ini akan mulai didirikan. 

"Mungkin sebelum tanggal 8 mei sudah siap semuanya," ujar Hilaria optimis.

Sedangkan untuk tempat STQ sendiri, dikatakan mantan Kepala Dinas Pendidikan ini, setidaknya ada 3 lokasi yang akan difokuskan, yakni Pantai Pulau Datok, Masjid Oesman Al-Khair dan Pendopo Bupati. 

Untuk acara pembukaan nanti yang akan  ditempatkan di Pantai Pulau Datok telah dilakukan penataan  untuk dekorasi.

"Sedangkan untuk hifzhil Qur'an di  pendopo bupati  dan masjid Oesman Al-Khair," jelasnya. 

Dirinya berharap keikutsertaan masyarakat Kabupaten Kayong Utara untuk mensukseskan acara  STQ dengan menjaga keamanan, kebersihan dan memberikan rasa nyaman kepada tamu yang datang nantinya agar memberikan kesan yang baik.

"Kita akan melakukan kerja bakti juga bersama OPD dan masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar kita," tuturnya. 

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017