Pontianak (Antara Kalbar) - Pengunjung rumah baca di Taman Alun-alun Kapuas Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, hingga saat ini terus meningkat hingga mencapai sebanyak 301 orang dalam sehari di hari libur.

"Alhamdulillah, pengunjung rumah baca di sini cukup ramai sejak diresmikan Februari lalu," kata Agus salah seorang staf Dinas Perpustakaan Kota Pontianak yang bertugas di Taman Alun-alun Kapuas Pontianak, Jumat.

Pengunjung, semakin ramai pada hari-hari libur, seperti hari Sabtu dan Minggu, atau bisa sepuluh kali lipat dibanding hari biasanya.

"Memang kalau hari libur ramai, jika dibandingkan hari kerja," ungkapnya.

Ia menambahkan, respon masyarakat atas kehadiran rumah baca Alun-alun Kapuas cukup baik, terbukti dari jumlah kunjungan yang selama ini terus meningkat.

"Biasa yang berkunjung ke sini ibu-ibu yang membawa anaknya, mahasiswa da masyarakat umum lainnya," katanya.

Ia menambahkan, kalau hari kerja kunjungan warga sekitar 30 sampai 40 orang per hari. Rumah baca Taman Alun-alun Kapuas Pontianak saat ini memiliki tiga ribu eksemplar, dan 1.500 judul tersebut buka setiap harinya, yakni mulai pukul 08.00�WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, Adi salah seorang mahasiswa semester akhir di STKIP jurusan Penjaskes menyatakan, kehadiran rumah baca di kawasan Taman Alun-alun Kapuas bisa dimanfaatkan oleh ia dan teman-temannya untuk bersantai sambil membaca buku.

"Kami setiap akhir pekan selalu menyempatkan waktu untuk bersantai sambil membaca buku di kawasan Taman Alun-alun Kapuas Pontianak," katanya.

(U.A057/Y008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017