Pontianak (Antara Kalbar) - "International Bike Camping 2017" yang digelar oleh Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar, World Wildlife Fund (WWF), Asosiasi General Manager Hotel, Garuda Indonesia, Jewita Kalbar dan sejumlah pihak lainnya resmi dilaksanakan dan even tersebut diperuntukan sebagai ajang memperkenalkan obyek wisata yang ada di Kalbar.

"Ajang bersepeda yang melintasi tiga daerah yakni Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Bengkayang ini sambil bersepeda kita berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di tiga daerah tersebut," ujar Ketua Panitia, Rizal di Pontianak, Sabtu.

Rizal menjelaskan dalam even yang berskala internasional dan berlangsung dari 28 -30 April 2017 tersebut diikuti oleh peserta dari mancanegara dan nusantara serta lokal.

"Tujuan kita dengan kegiatan ini memberikan tambahan bagi pariwisata kita agar lebih bervariasi. Sehingga angka kunjungan meningkat. Even ini juga berusaha memperkenalkan wisata Kalbar, terutama di pesisir pantai utara kepada para peserta yang berasal dari luar negeri dan nusantara," kata dia.

Ia menyebutkan saat ini yang berpartisipasi totalnya sebanyak 169 peserta saja dan itu dibatasi panitia lantaran fasilitas di area acara puncak tidak mendukung.

"Padahal masih banyak masyarakat yang ingin ikut di kegiatan kita ini. Fasilitas terbatas sehingga peserta kita batasi juga," paparnya.

Ia merincikan adapun rute kegiatan yang dilintasi dan dikunjungi yakni Taman Alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Keraton Amantubillah, Mempawah Mangrove Park, Kelenteng Ceng Ho (Samp Po Kong) dan Pantai Ancol.

"Sementara itu pantai dan wahana permainan Mimi Land akan menjadi tempat terakhir acara, di mana para peserta akan bermalam dan menikmati berbagai acara di sana. Tidak hanya itu, para peserta juga akan melakukan penanaman mangrove di titik-titik tertentu," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan Pemkot Pontianak menyambut baik kegiatan itu. Apalagi katanya di hari pertama pelaksanaan kegiatan di Kota Pontianak.

"Dengan peserta yang juga ada dari luar maka melalui kegiatan ini obyek wisata dan Kota Pontianak sendiri tambah dikenal. Melalui kegiatan ini juga cocok untuk ajang promosi wisata," kata dia.

Ia menambahkan apalagi kegiatan yang digelar tersebut juga selaras dari upaya Pemkot Pontianak untuk menciptakan destinasi wisata baru.

"Kembali dengan adanya gowes maka bisa menjadi satu di antara tujuan wisata karena sifatnya fun dan ditambah sehat. Kota Pontianak mendukung kegiatan tersebut seperti menyiapkan infrastruktur bersepeda untuk menjelajah kota dengan bersepeda," kata dia.
*

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017