Singkawang (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Syech Bandar, menerima 28 finalis Duta Lingkungan Hidup Kota Singkawang tahun 2017 dalam rangkaian kegiatan Pembekalan Wawasan Lingkungan Hidup, Pendalaman Materi dan Beauty Class di Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa.

"28 finalis yang terdiri dari 17 wanita dan 12 pria ini telah lulus seleksi dan telah mengikuti technical meeting pembekalan dari Badan Lingkungan Hidup," kata Syech Bandar di Ruang Bumi Bertuah, kantor Wali Kota Singkawang.

Syech Bandar mengawali tatap muka dengan mengajukan pertanyaan yang sama kepada seluruh finalis.

"Apa upaya yang akan kalian lakukan jika terpilih menjadi Duta Lingkungan Hidup Kota Singkawang?" tanya Bandar kepada peserta finalis.

Dia juga mengingatkan bahwa Singkawang merupakan kota pariwisata dengan motto "Pasti ke Singkawang" harus didukung dengan lingkungan yang hebat bersih dan hijau.

Menurutnya, hal ini dapat diwujudkan dengan bersumber dari diri masing-masing masyarakatnya. Oleh karena itu, menjadi tugas utama para duta untuk mengkampanyekan kebersihan, mengajak seluruh masyarakat untuk sadar lingkungan.

Tak hanya itu, seluruh finalis juga mendapat tugas langsung dari Sekda untuk ikut terjun langsung pada kegiatan Jumat Bersih bersama Pasukan Kuning Kota Singkawang dengan menumpangi truk-truk angkut sampah pasukan kuning.

Acara dilanjutkan dengan audiensi penyampaian pertanyaan-pertanyaan dari finalis kepada Sekda. Seluruh finalis tampak antusias mengikuti sesi ini.

Syech Bandar menyebutkan, Duta Lingkungan Hidup Kota Singkawang yang terpilih nantinya akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi.

"Pemenang tingkat provinsi akan mengikuti Pemilihan Duta Eco-Region Kalimantan," katanya.

(KR-RDO//N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017