Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Awang Ishak meminta kepada duta lingkungan hidup bisa mengkampanyekan kebersihan kepada masyarakat kota setempat.

"Duta lingkungan hidup diharapkan bisa menularkan kebiasaan maupun budaya disiplin membuang sampah dan budaya tidak membuang sampah sembarangan ke masyarakat khususnya generasi muda," kata Awang Ishak, usai memberikan hadiah kepada para juara Duta Lingkungan Hidup Singkawang tahun 2017, di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang.

Karena menurutnya, bagaimanapun urusan sampah itu menjadi tanggung jawab kita bersama.

"Minimal dengan disiplin waktu membuang sampah dan tidak membuang sampah disembarang tempat tentu akan memudahkan pengelolaan sampah itu sendiri," ujarnya.

Diketahui, pada pemilihan duta lingkungan hidup Singkawang tahun 2017, peserta atas nama Windy terpilih sebagai sebagai pemenang. Sementara di posisi Runner Up 1 dan Runner Up 2 atas nama Uray Putra Apriyandi dan Rinandy Eriawan.

Sedangkan The Best Costume atas nama Amanda Zuleyha, dan juara favorit atas nama Rama Ayodya Arga.

Awang menekankan hal itu, lantaran dirinya melihat selama ini kesadaran masyarakat dalam membuang sampah masih kurang.

"Masyarakat masih banyak yang membuang sampah di luar tempat sampah dan berserakan. Dengan adanya duta lingkungan hidup ini, diharapkan bisa merubah pola kebiasaan masyarakat yang kurang baik," tuturnya.

Menurutnya, ini baru permasalahan persampahan. Belum lagi masalah galian yang ilegal.

"Tentunya ini semua menjadi tantangan kita bersama kalau Singkawang mau bagus," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017