Pontianak  (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengharapkan organisasi kemasyarakatan yang ada di kabupaten itu bisa berpartisipasi dalam pembangunan melalui program positif yang dapat langsung menyentuh masyarakat.

"Seperti yang dilakukan KNPI Kubu Raya, dimana kami dari pemerintah daerah sangat apresiasi bakti sosial yang digelar KNPI mereka di Desa Mekar Baru. Saya harapkan langkah KNPI ini dapat diikuti organisasi kepemudaan maupun organisasi sosial lainnya yang ada di Kubu Raya," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Jumat.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan KNPI tersebut jelas membantu mewujudkan program pemerintah. Karena, peran pemuda dalam mendukung program pemerintah juga sangat diharapkan karena pemuda merupakan generasi penerus untuk melanjutkan pembangunan.

Tentunya lanjut Rusman Ali program yang dilaksanakan dapat disinergiskan dengan pemerintah daerah melalui instansi-instansi terkait.

"Seperti di Dinas Kesehatan banyak program kemasyarakatan di situ. Bisa disinergiskan, apa saja yang bisa dilaksanakan bersama-sama dengan organisasi kemasyarakatan. Dan ini harus disambut positif oleh instansi terkait," katanya.

Menurutnya, untuk melaksanakan program pembangunan memang tidak hanya bertumpu pada pemerintah semata namun peran serta dari masyarakat melalui berbagai wadah organisasi juga sangat diharapkan.

"Jika itu dilaksanakan maka proses pembangunan akan berjalan lebih baik dikarenakan dukungan dari masyarakat serta berbagai organisasi kemasayarakatan," ujarnya.

Pada saat didaulat untuk memberikan bingkisan kepada anak-anak, Rusman Ali mengapresiasi KNPI Kubu Raya. "Ini luar biasa, bingkisan pun juga dari KNPI bukan dari saya dan ini sangat bagus sekali," tuturnya.

Bakti sosial yang dihelat KNPI Kubu Raya pada Kamis kemarin, aantara lain sunatan massal, bekam, pemeriksaan kesehatan maupun donor darah.

"Semuanya kami laksanakan secara gratis. Tidak ada satu pun masyarakat yang kami pungut biaya," kata Ketua KNPI Kubu Raya, Gubrani.

Dikatakannya, bakti sosial tersebut hasil swadaya anggota KNPI Kubu Raya yang didalamnya tergabung berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP).

"Ini hanya sebagai bentuk kepedulian sosial para pemuda yang bernaung dibawah KNPI kepada masyarakat. Apalagi ini memang merupakan salah satu program kemasyarakatan yang sudah direncanakan," ujarnya.

Gubrani berharap ke depan kegiatan sosial yang dilakukan KNPI dapat menjadi perhatian khusus dari instansi terkait yang ada di Kubu Raya. "Sehingga sinergisitas program yang dinginkan Bapak Bupati dapat diimplementasikan untuk masyarakat," harapnya.

(U.KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rendra Extora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017