Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Sekjen DPP PKB Daniel Johan mengajak semua pihak memanfaatkan momentum Idulfitri untuk saling memaafkan dan memperkuat tali persaudaraan.
    Daniel saat di Pontianak, Kamis menuturkan, sebagai sosok yang hidup di tengah kultur NU, ia memahami bahwa Islam sangat kental dengan nilai-nilai persaudaraan dan menghargai perbedaan.
    Hal ini pula yang membuat Daniel merasa nyaman dengan PKB, partai nasionalis religius yang dilahirkan NU dan Gus Dur.
    "Apalagi saat Musyawarah Kubro Ulama yang dihadiri 1.000 lebih kyai sepuh jelang Ramadhan, ada dua perintah penting yang disampaikan langsung para kyai kepada Cak Imin yang harus dilaksanakan," jelas Daniel.
    Perintah para kyai sepuh ini sangat relevan dengan kondisi kebangsaan kita saat ini. Cak Imin diminta untuk segera mengambil langkah bersama segenap kekuatan NU menyatukan umat dan seluruh elemen masyarakat guna mengatasi radikalisme yang merongrong keutuhan rakyat dan bangsa, dengan memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan.
    Langkah yang tepat salah satunya adalah agar masyarakat tidak terlibat dalam gerakan radikalisme apalagi terorisme di seluruh Indonesia. Islam mengajarkan kehidupan yang damai dan saling menghormati.
   "Islam tidak mengajarkan sifat-sifat destruktif, apalagi terorisme yang meniadakan kemanusiaan. Islam yang sesungguhnya itu sangat kental dengan humanisme," ungkap Daniel mengulang pesan para kyai.
    Perintah penting lainnya adalah para kyai sepuh meminta Cak Imin agar PKB segera menyatukan langkah dan upaya bersama rakyat dan pemerintah untuk menghadapi persoalan kemaslahatan umat.
    "PKB bersama seluruh elemen masyarakat harus merumuskan, mendorong pemerintah, dan menggalang kekuatan rakyat untuk mengatasi kemiskinan dan ketidakadilan sosial yang juga menjadi salah satu akar tindakan radikalisme. Rakyat harus dibuat sejahtera, keadilan sosial harus segera diwujudkan. Ini jihad yang harus kita wujudkan bersama," tegas Daniel menjelaskan perintah para kyai.
    "PKB adalah parpol yang tunduk pada kyai dan ulama. Ini adalah perintah jihad bukan hanya untuk umat NU tapi untuk kepentingan segenap rakyat dan bangsa Indonesia siapa pun juga. Kita harus wujudkan Indonesia yang adil, sejahtera, dan kuat dalam persaudaraan secara bersama-sama dengan seluruh kekuatan masyarakat. Mari kita wujudkan juga hal ini di Kalbar," ujar Daniel.
    Pada kesempatan itu, ia atas nama pribadi dan mewakili segenap keluarga besar PKB mengucapkan selamat Idul Fitri kepada segenap sahabat Muslim. "Kami mohon dimaafkan bila selama ini ada kekurangan dan kesalahan. Salam dan peluk erat silaturahmi kami kepada masyarakat dengan harapan persaudaraan kita semakin erat, tanpa melihat perbedaan, untuk saling memaafkan dan bekerja sama memajukan masyarakat Kalbar," ucap Daniel Johan yang juga Wakil Ketua Komisi IV  FPKB ini.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017