Singkawang (Antara Kalbar) - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat, akan menikmati cuti bersama dalam rangka hari raya Idul Fitri.

"Cuti bersama ini dimulai dari Jumat (23/6) sampai dengan tanggal 30 Juni 2017," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Singkawang, Hamidi Irwansyah, Kamis.

Menurutnya, cuti bersama Idul Fitri ini sudah sesuai dengan Kepres No 18 tahun 2017 tentang cuti bersama tahun 2017.

Para PNS, tuturnya, akan masuk kembali seperti biasa pada hari Senin (3/7) mendatang. Diharapkan kepada PNS pada hari tersebut harus masuk seperti biasa.

"Tidak ada istilah memperpanjang libur lagi. Karena tahun ini merupakan cuti terpanjang dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Hamidi belum dapat memastikan, apakah akan dilakukan inspeksi mendadak (sidak) pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama.

"Yang terpenting adalah pengertian dan kesadaran dari PNS itu sendiri. Jika memang sadar sebagai abdi negara maka dia akan masuk untuk memulai bekerja dan langsung melayani masyarakat," tuturnya.

Menurutnya, cara Sidak belum optimal untuk memastikan PNS yang bersangkutan masuk kerja. "Bisa saja sewaktu Sidak PNS yang bersangkutan hadir. Setelah Sidak, PNS tersebut keluar entah kemana," kata Hamidi.

Tapi, jika pimpinan atas menginginkan untuk dilakukan Sidak, dirinya menyatakan siap. "Tergantung kebijakan pimpinan lah, kalau memang mau dilakukan Sidak kita siap," ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Syech Bandar, sebelumnya mengatakan, agar sidak dilakukan tidak hanya pada momen-momen tertentu saja, dalam upaya meningkatkan disiplin PNS ke depan sidak harus dilakukan secara incidental.

"Rata-rata PNS sudah tahu kalau sidak bakal dilakukan setiap selesai cuti bersama, oleh karena itu ke depan sidak akan dilakukan di hari-hari biasa, dan secara incidental dan spontan tim sidak akan turun. Diharapkan agar seluruh Kepala SKPD menginformasikan kepada seluruh aparaturnya," kata Bandar.

(U.KR-RDO/H005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017