Pontianak (Antara Kalbar) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, akan menggelar shalat Idul Fitri di Taman Alun-alun Kapuas atau di Jalan Rahadi Usman depan Kantor Wali Kota Pontianak.

"Tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri 1438 Hijriyah seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni akan dipusatkan di depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman," kata Ketua Harian PHBI Kota Pontianak, Aswani Samhudi di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan, yang bertindak sebagai khatib H Jawani atau Kepala Kementerian Agama Kota Pontianak, dan sebagai Imam H Syahdan Laziz.

"Kami telah mempersiapkan semua peralatan dan pendukung lainnya untuk kelancaran dan tertibnya shalat Idul Fitri tahun ini," ungkapnya.

Berbagai persiapan yang dilakukan PHBI Kota Pontianak, diantaranya pengaturan saf, tempat dan fasilitas shalat Idul Fitri termasuk perlengkapan sound system serta koordinasi dengan pihak terkait.

"Hari ini, yakni H-1 Idul Fitri kami akan melakukan pengecatan saf di lapangan, sehingga ruas Jalan Rahadi Usman akan ditutup dan arus lalu lintas dialihkan ke Jalan Zainuddin," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga sudah melakukan berbagai persiapan dan menunjuk petugas yang akan membantu pelaksanaan shalat Idul Fitri tersebut.

"Kami berharap seluruh petugas yang sudah ditunjuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab, katanya.

Aswani menambahkan, shalat Idul Fitri akan dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Ia mengajak masyarakat yang akan melaksanakan shalat Idul Fitri di halaman depan Kantor Wali Kota Pontianak tersebut, untuk datang sebelum dimulainya shalat supaya lebih tertib dan tidak mengganggu kekhusyukan jamaah.

"Saya mengajak masyarakat yang akan melaksanakan shalat Idul Fitri agar datang lebih awal supaya lebih tertib dan tidak mengganggu kekhusyukan jamaah lainnya yang sedang melaksanakan shalat Idul Fitri," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017