Sukadana (Antara Kalbar) - Syahbandar Teluk Melano Emanuel Kameubun mengungkapkan rencana pembangunan pelabuhan nasional untuk peti kemas yang bakal dibangun di Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara.
    Ia menjelaskan di Sukadana, Rabu, secara geografis Pelabuhan  Teluk Batang sudah memenuhi kriteria untuk dijadikan pelabuhan nasional  bongkar muat peti kemas.
    "Seperti  potensi untuk kedalaman laut sudah alami, sehingga tidak perlu dilakukan lagi pengerukan, yang berdampak akan menghemat biaya pengeluaran negara," jelasnya.
    Untuk mendukung hal tersebut, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dapat  memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur yang ada di wilayah itu.
    "Pemda Kayong Utara dapat memperluas akses jalan pelabuhan  menuju ke Sukadana yang merupakan ibu kota kabupaten, agar perekonomian masyarakat bisa lebih baik dan menambah Pendapatan Asli Daerah," ujar dia.
    Pemkab Kayong Utara diharapkan pula setuju dan dan mendukung Prgram Rencana Kerja Syahbandar yang sudah disusun untuk mendukung  realisasi pembangunan pelabuhan nasional peti kemas tersebut.
    "Saya juga  lagi mengajukan permintaan kapal perintis untuk Pelabuhan Teluk Batang, dengan rute Karimata - Belitung sampai Sunda Kelapa. Karena saya yakin kalau kapal itu sudah ada, pasti barang-barang keperluan seperti sembako dan keperluan masyarakat akan lebih murah," kata Emanuel.
    Ia juga optimistis jika pelabuhan nasional peti kemas yang akan dibangun di Pelabuhan Teluk Batang akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan investasi di Kabupaten Kayong Utara.
    "Saya pastikan bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat akan turun, yakin maju Kayong Utara,"  ujar Emanuel Kameubun.

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017